Cara 5 Artis Maknai Hari Kartini, dari Cinta Laura hingga Raline Shah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Potret Raline Shah berkebaya. Foto: Instagram/@ralineshah

Potret Raline Shah berkebaya. Foto: Instagram/@ralineshah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lewat akun media sosialnya, para artis perempuan membagikan makna Hari Kartini menurut mereka. Seperti kita ketahui Hari Kartini diperingati setiap 21 April merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 108 Tahun 1964, yang dikeluarkan Presiden pertama Indonesia Soekarno. Di mata mereka, sosok Raden Ajeng Kartini menginspirasi untuk terus menggali potensi diri dan berjuang menggapai mimpi. Selain berbagi pesan penyemangat untuk sesama perempuan, kebanyakan mereka tampil berkebaya dalam foto dan video yang dibagikan. Yuk, kita intip unggahan Raline Shah, Cinta Laura, hingga Krisdayanti.

1. Cinta Laura

Dalam akun Instagramnya, Cinta Laura memaknai jiwa, hati, dan pikiran Kartini begitu menginspirasi untuknya. Dia ungkapkan hal itu dalam pesan bahasa Inggris.

"Her soul is fierce. Her heart is brave. Her mind is strong. (Jiwanya garang. Hatinya berani. Pikirannya kuat). - Selamat Hari Kartini -," tulisnya di Instagram tiga jam lalu itu.

Dalam foto yang dibagikan, Cinta bergaya west meet east. Dia memakai atasan penutup dada warna emas buatan Ikie Morphacio, bawahannya tampak kain Nusantara corak cerah.

2. Luna Maya


Artis Luna Maya membagikan foto dia berkebaya putih dan kain batik coklat disertai aksesori bros. Gaya rambutnya bersanggul rendah dan dihiasi tusuk konde. Penampilan tersebut seperti meniru gaya Raden Ajeng Kartini yang sederhana. Di keterangan videonya, dia menyebut buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisi kumpulan surat Kartini.

"Tantangan datang silih berganti, tapi percayalah—Habis Gelap Terbitlah Terang. Selamat Hari Kartini semuanya," tulis pacar Maxime Bouttier.

3. Raline Shah

Artis Raline Shah membagikan beberapa foto dia berkebaya panjang modern dipadu dengan kain batik coklat cerah. Di keterangan fotonya, dia mengajak para perempuan untuk terus menggali potensi diri.

"Merayakan Hari Kartini dengan bersyukur dan berkebaya," tulisnya di awal keterangan foto Instagram.

"Untuk seluruh perempuan di Indonesia, kita sudah bangkit bersama, jangan biarkan apapun meredupkan cahayamu. Gali terus potensi diri dan jangan lupa bahagia itu penting! Semoga kita dapat menjadi Raden Adjeng Kartini di cerita kita sendiri," katanya.

4. Dian Sastro

Artis Dian Sastowardoyo atau akrab disapa Dian Sastro membagikan video kolase ragam kegiatan yang pernah dia jalani. Mulai dari lokasi syuting, premier, peragaan busana, mengajar di kampus hingga memasak di rumah. Keragaman itu sepertinya menunjukkan bahwa perempuan bisa bebas berkarya dan menentukan apa yang diinginkan.

"Menjadi perempuan yang berdaya dan berkarya. Terus bermimpi untuk semua perempuan hebat, Selamat Hari Kartini," tulis ibu dua anak itu.

5. Kris Dayanti

Dalam unggahan Instgramnya, Kris Dayanti yang saat ini berprofesi sebagai penyanyi dan juga politisi menulis keberhasilan sosok Raden Ayu Adipati Kartini Djojoadhiningrat atau Raden Ajeng Kartini, dalam memperjuangkan asas pendidikan telah sampai kepada Kartini masa kini.

"Kartini menjadi teladan para perempuan dahulu dan kini. Pemikirannya tidak usang oleh waktu. Memastikan ilmu adalah warisan terpenting nan luhur, karenanya Kartini berupaya mendorong persamaan hak pendidikan untuk perempuan kala itu," tulis Krisdayanti dalam unggahannya di Instagram.

Istri Raul Lemos itu juga menuliskan, jika kesetaraan pendidikan yang diperjuangkan oleh Kartini menjadikan perempuan saat ini tidak memerlukan usaha yang keras dalam mendapatkan akses pendidikan. "Hal ini menjadi spirit untuk perempuan masa kini untuk terus berkarya, berkontribusi untuk pembangunan nusa dan bangsa," tulisnya.

Berkat itu juga, Kris Dayanti, melihat hal tersebut menjadikan perempuan untuk bebas memilih kariernya tanpa melalaikan tugasnya sebagai orang tua. "Sekarang,semua perempuan dapat menentukan karirnya dan tetap menjaga perannya sebagai seorang ibu," tulis ibu empat anak itu.

Pilihan Editor: Hari Kartini 2024, Yuni Shara Anggun dalam Balutan Batik dan Sanggul Jawa

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."