10 Tas Termahal di Dunia, Didominasi Merek Hermes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Hermes Sac Bijou Birkin. Foto: Instagram/@thebirkinlady

Hermes Sac Bijou Birkin. Foto: Instagram/@thebirkinlady

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk sejumlah orang, tas lebih dari sekadar aksesori. Tas bagian dari nilai prestisius dan investasi. Menurut Data Bridge, sebuah firma riset pasar global, pasar tas tangan mewah sedang mengalami peningkatan, dengan nilai yang diproyeksikan mencapai USD42 miliar pada tahun 2029. Sementara itu, perusahaan konsultan keuangan global Credit Suisse memperkirakan bahwa tas mewah adalah salah satu investasi terbaik pada tahun 2023 mengalahkan seni dan perhiasan. Berikut deretan tas termahal di dunia, dan Hermès mendominasi daftar tersebut.

1. Hermès Sac Bijou Birkin

Dengan harga USD2 juta atau mencapai Rp32 miliar (berdasarkan kurs saat artikel ditayangkan), Sac Bijou Birkin dirilis sebagai bagian dari Koleksi Haute Bijouterie Hermès pada tahun 2012. Dirancang oleh Pierre Hardy, tas tangan mini, yang dimaksudkan untuk dipakai sebagai gelang, menampilkan lebih dari 2.000 berlian bertatahkan emas mawar. Menurut rumah lelang Sotheby, hanya ada tiga Sac Bijou Birkin di dunia.

2. Hermès Ginza Tanaka Birkin

Hermès berkolaborasi dengan pembuat perhiasan Jepang Ginza Tanaka pada tahun 2015 untuk menciptakan “Birkin” platinum senilai USD1,9 juta atau sekitar Rp30 miliar ini. Tas mewah tersebut bertatahkan 2.182 berlian, termasuk bagian tengah berbentuk buah pir delapan karat.

3. Louis Vuitton Millionaire Speedy

Dok. Louis Vuitton

Versi mewah dari wol favorit penggemar Louis Vuitton, tas ini dibuat dari kulit buaya kuning dan dihiasi dengan pola monogram khas merek tersebut. Tas mewah ini juga dilengkapi dengan tali rantai berlapis berlian. Direktur kreatif pakaian pria baru, Pharrell Williams, memulai debut tas tersebut di Paris Men’s Fashion Week pada bulan Juni.

4. Hermès Himalaya Kelly

Sama seperti Himalaya Birkin, Himalaya Kelly juga bernilai cukup mahal. Christie memecahkan rekor dunia dengan penjualan Himalaya Retourné Kelly 28 pada tahun 2021. Tas tersebut menampilkan perangkat keras emas 18 karat dan berlian, dijual seharga USD513.200 atau sekitar Rp8,2 miliar

Himalaya lainnya, Retourné Kelly 25 dengan perangkat keras paladium dijual seharga USD435.375 pada tahun 2020.

5. Hermès Himalaya Birkin

Hermes Himalaya Birkin. Foto: Sotheby's

Sotheby's menjual Himalaya Birkin 30 dengan perangkat keras emas putih bertatahkan berlian seharga $450.000 pada tahun 2022. Terbuat dari kulit buaya niloticus, tas tangan yang sangat diidamkan ini memiliki batu sembilan hingga sepuluh karat. Dinamakan demikian karena pola gradiennya yang mengingatkan pada pegunungan yang tertutup salju, Himalaya, bahkan yang tidak memiliki perangkat keras berlian, dianggap sebagai salah satu yang paling langka — dan paling berharga — di dunia.

6. Clutch Cleopatra dari Lana Marks

Clutch Cleopatra khas Lana Marks hadir dalam berbagai warna. Tas ini menjadi aksesori karpet merah yang wajib dikenakan para bintang di tahun 2000-an, termasuk Helen Mirren, Charlize Theron, dan Angelina Jolie.

Namun, clutch ciptaan Marks yang paling mahal adalah untuk aktris Tiongkok Li Bingbing. Clutch tersebut senilai USD400.000 atau sekitar Rp6,4 miliar menampilkan berlian hitam 40 karat, emas 18 karat, dan hiasan namanya ditulis dengan emas merah muda yang dihiasi berlian merah muda.

7. Hermès Faubourg Birkin

Hermes Faubourg Birkin/Foto: Instagram/Lux Corner

Pertama kali dirilis pada tahun 2019, Hermes Faubourg Birkin menyerupai etalase Hermès. Ada empat warna berbeda pada tas tangan yang diidam-idamkan ini, dengan warna Neige atau “Salju” menjadi yang paling berharga. Faubourg telah menjadi salah satu tas Hermès yang paling banyak dikoleksi, menampilkan kulit aligator dan chèvre. Sotheby menjual tas tangan langka berukuran 20 cm dengan perangkat keras paladium ini seharga USD400.000 atau sekitar Rp6,4 miliar pada tahun 2022.

8. Hermes Feather Mosaïque Kelly

Tas mewah yang dibuat tahun 2010 ini dihiasi dengan kolase geometris bulu beraneka warna. Tas tersebut terjual seharga USD352.825 atau hampir Rp5,6 miliar pada lelang Christie di Hong Kong 2021.

9. Hermes Kellywood 22 Barenia Leather and Bog Oak

Dok. christies.com

Hermès meluncurkan dua variasi Kellywood 22 inci edisi terbatas pada tahun 2020, dengan versi kulit bog oak dan  kulit barenia menjadi yang paling mahal. Potongan logam halus yang dimasukkan ke dalam badan kayu tas tangan membentuk pola tulang herring yang unik. Tas ini dibanderol USD325.00 atau sekitar Rp5,2 miliar

10. Hermes So Black Feather Kelly

Dok.christies.com

Christie melelang tas Hermes edisi terbatas ini pada tahun 2022. Dirancang oleh mantan direktur kreatif label tersebut, Jean Paul Gaultier, tas ini dibuat bekerja sama dengan métier bulu Prancis Maison Lemarié. Harga tas ini dibanderol USD300.000 atau sekitar Rp4,8 miliar.

Pilihan Editor: 7 Tas Hermes Birkin yang Ikonik dan Mewah, Bertahta Berlian hingga Mencapai Harga 30 Miliar

WWD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."