Tetap Gaya saat Mudik Lebaran Pakai Motor, Pakai Busana yang Nyaman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sejumlah pemudik motor melintas di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 26 April 2023. Pada H+4 lalu  lintas arus balik pemudik menuju Jakarta di Simpang Jomin terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Sejumlah pemudik motor melintas di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 26 April 2023. Pada H+4 lalu lintas arus balik pemudik menuju Jakarta di Simpang Jomin terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring dengan berkembangnya gaya hidup, turut mendorong keinginan para pengendara untuk tetap tampil gaya saat berkendara motor. Disarankan mudik lebaran pakai motor untuk jarak dekat bukan berjarak jauh apalagi jika membawa anak-anak. 

Sayangnya lifestyle pengendara seringkali bertentangan dengan prinsip safety riding. Maka dari itu Yamaha sebagai produsen sepeda motor membagikan beberapa tips berkendara safety riding namun tetap gaya saat mudik lebaran.

Arief selaku tim Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menegaskan,lifestyle turut memengaruhi fungsi sepeda motor, selain sebagai partner berkendara sehari-hari sekaligus menjadi atribut gaya berkendara.

"Sebagai upaya mengakomodir keinginan pengendara untuk bisa tetap tampil gaya saat berkendara motor, maka Yamaha akan memberikan beberapa tips yang bersandar pada prinsip safety riding. Kami harap hal ini membuat konsumen masa kini semakin kritis baik dalam memilih maupun berkendara motor,” jelas Arief dalam keterangan resminya, Kamis, 4 April 2024.

Berikut beberapa tips safety riding yang dapat dipertimbangkan saat berkendara motor agar tetap gaya :

1. Gunakan Riding Gear dan Pakaian yang Nyaman

Saat berkendara motor tentunya tetap mengutamakan keselamatan dengan menggunakan riding gear wajib seperti helm, sarung tangan, jaket, dan sepatu tertutup. Selain itu, pengendara juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman terutama yang memiliki mobilitas aktif.

Bagi wanita yang seringkali ingin tampil fashionable dapat menghindari pakaian yang terlalu besar seperti gamis atau rok penggunaan aksesori berlebihan.

Hal ini mencegah tersangkutnya pakaian atau pemicu kejahatan selama perjalanan. Pengendara dapat tetap tampil stylish dengan menggunakan warna senada dan model simple pada riding gear tersebut tanpa mengurangi kenyamanan.

2. Simpan Barang Bawaan dengan Rapi

Membawa banyak barang bawaan seringkali membuat pengendara bingung dalam menyimpannya sehingga barang terlihat menumpuk dan tidak rapi sehingga dapat mengganggu kesetabilan motor.

Sebaiknya pengendara dapat menyimpan bawaan pada tempat tertutup, seperti bagasi, rak atau gantungan depan agar barang lebih tertata rapi sekaligus membuat pengendara lebih praktis selama berkendara.

3. Hindari Membawa Muatan Berlebih

Selain menyimpan barang bawaan dengan rapi, saat berkendara motor disarankan membawa barang dan penumpang sesuai kapasitas motor seperti tidak berboncengan lebih dari 2 (dua) orang.

4. Selalu Cek Kondisi Motor

Sebelum menggunakan motor, pengendara motor wajib melakukan pemeriksaan kondisi sepeda motor mulai dari pengereman, aki, dan lampu. Mendukung performa tetap optimal lakukan perawatan rutin sesuai jadwal servis yang disarankan.

5. Disiplin Dalam Berkendara

Selain memperhatikan gaya, pengendara motor semakin tampil berkelas dengan disiplin lalu lintas seperti mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku, tidak melawan arus, dan menjaga jarak dengan kendaraan lain.

Pilihan Editor: Mudik Lebaran ke Solo, Jangan Lupa Cicip Ragam Menu Berbuka Puasa yang Menggoda

ERWAN HARTAWAN | KUSNADI CHAHYONO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."