Cara Atalia Praratya Hargai Keputusan Putrinya yang Lepas Hijab: I Will Always Love You

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
(Dari kiri) Atalia Praratya Kamil dan Zara, putrinya. Foto: Instagram/@ataliapr

(Dari kiri) Atalia Praratya Kamil dan Zara, putrinya. Foto: Instagram/@ataliapr

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istri arsitek dan politisi Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mengunggah sebuah foto bersama putrinya, Camillia Laetitia Azzahra atau biasa disapa Zara. Pada foto itu, Atalia mengenakan mukena biru bermotif bunga pink dan coklat, sebaliknya, Zara memakai mukena pink dengan motif bunga biru dan coklat.

Mereka duduk seperti sudah menunaikan salat, Zara mencium tangan sang ibu sambil memejamkan mata. Sedangkan Atalia menatap lembut Zara.

"Dear Zara, I will always love you, no matter what.." Tutur Atalia pada captionnya, Jumat pagi, 5 April 2024. Atalia mengirim pesan dan doa untuk Zara yang memutuskan untuk melepas hijab. Menilik akun Instagramnya, Zara mengunggah serangkaian kata dan mengumumkan keputusannya itu.

Atalia mengatakan saat dia tidak ada, Allah yang akan memeluk dan menjaga buah hatinya itu. Dia juga yakin Allah akan senantiasa membimbing dan memberi petunjuk untuk Zara.

"Be happy, zaa.. the strongest girl that I ever met. Doa mamah dalam setiap helaan nafas...," ucap dosen yang juga calon anggota legislatif itu.

Warganet turut mendukung dan simpati kepada Atalia dan Zara. "Peluk erat buat 2 wanita kesayangan," tulis influencer @rietawowor. "Ibu tiba-tiba mellow, kuat mamah hebat," tutur akun @hildanoviaaa.

Pada caption, Atalia juga mengucapkan terima kasih kepada warganet atas perhatian untuk Zara. Dia menyebut bahwa Zara masih terus berproses dalam hidupnya. Atalia juga meminta doa untuk putrinya.

Unggahan Zara Jelaskan Alasannya Lepas Hijab

Di sisi lain, pada unggahan Zara, dia menjelaskan cukup panjang dan detail alasannya melepas hijab melalui tulisan. Menurutnya, keputusan itu ia ambil setelah berdiskusi cukup panjang dengan kedua orang tuanya.

"Hi semuanya. Setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," tulisnya memulai penjelasan, Jumat dinihari, 5 April 2024. "Ini semua adalah pilihanku sendiri. Aku memilih momentum di mana orang tuaku dalam masa tenang, di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadan."

Adik mendiang Emmeril Kahn Mumtadz ini menjelaskan, keputusannya melepas kerudung lantaran ingin menemukan pencarian keyakinan dirinya. Artinya, jika dia akhirnya memutuskan berjilbab kembali, hal itu datang dari pencarian keyakinan dirinya dan bukan atas dasar memenuhi permintaan lingkungan keluarganya atau orang lain.

"Izinkan aku memulai perjalanan pencarian itu dengan caraku sendiri. karena bagi aku, secara personal, seorang muslim yang baik adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dan hati, bukan soal penampilan tapi soal hati yang bersih," tulis Zara yang kini menempuh studi strata 1 di jurusan Arsitektur di Newcastle University, Inggris itu. 

Zara menuliskan alasan lainnya. Ia menjelaskan kepribadiannya yang selalu berusaha jujur dan tidak berbohong. "Aku tidak suka membohongi orang lain karena akupun tidak suka dibpohongi maka dari itu ini adalah cara untuk jujur."

Ia berharap netizen tidak berharap terlalu tinggi terhadanya. "Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, dan bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, Semua didikan mereka selalu aku terapkan, dan aku adalah aku," tulisnya menegaskan dengan menyebutkan identitasnya. "Identitasku adalah namaku Camillia Laetitia Azzahra, lahir di Bandung, entitas Sunda."

Perempuan yang pintar menggambar, menurun dari ayahnya itu kemudian berharap netizen menghargai keputusannya dan tidak melemparkan kesalahan kepada Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. "Jangan menyalahkan orang tuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas,  berkarakter, dan beragama."

Ia mempersilakan produk-produk yang bekerja sama dengan dan merasa dirugikan akibat keputusannya melepas hijab ini agar menghubungi nomor Whatsapp admin yang mengelola akunnya untuk bisnis. Zara juga meminta publik yang tidak suka dengan keputusannya agar berhenti mengikuti akunnya. "Unuk orang-orang yang tidak suka dengan keputusan aku ini, silakan unfollow saja," ucap Zara.

Pilihan Editor: Beri Pesan Cinta untuk Putrinya, Atalia Praratya: Berjalan Bersama Lebih Menyenangkan

TEMPO | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."