Kolaborasi dengan Adrian Gan, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi Antaratantrya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi kolaborasi Sejauh Mata Memandang dan Adrian Gan bertajuk

Koleksi kolaborasi Sejauh Mata Memandang dan Adrian Gan bertajuk "Antaratantrya" dalam Plaza Indonesia Fashion Week 2024 pada Jumat, 8 Maret 2024. Foto: Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenama lokal, Sejauh Mata Memandang (SMM) berkolaborasi dengan desainer Adrian Gan merilis koleksi bertajuk “Antaratantrya”. Penampilan koleksi tersebut menjadi pertunjukan terakhir Plaza Indonesia Fashion Week 2024 yang diselenggarakan di The Warehouse Plaza Indonesia, 8 Maret 2024.

“Antaratantrya” adalah penggabungan dua kata Sanskerta, yaitu “Anantara” yang memiliki arti ‘tak terbatas atau tanpa batas atau tanpa jarak’ dan “Svatantrya” yang berarti ‘kebebasan’.

Menggunakan berbagai material kain dari Sejauh Mata Memandang, Adrian Gan menghadirkan busana-busana dengan lipatan dan kerut yang membentuk volume sebagai simbol yang menggambarkan udara yang bebas, serta bentuk-bentuk melengkung yang merepresentasikan bumi.

Inspirasi Adrian Gan dalam Mendesain

Dalam mendesain, perancang busana Adrian Gan mengatakan terinspirasi dari visi Sejauh Mata Memandang sebagai jenama tekstil yang mengutamakan kepedulian terhadap bumi dan segala aspek di dalamnya dengan mengikuti prinsip sirkularitas.

"Saya berusaha menerjemahkan konsep tersebut secara lebih bebas,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Cantika, Sabtu, 9 Maret 2024.

Adrian Gan menggunakan kain-kain dari Sejauh Memandang yang dibuat dengan proses yang bertanggung jawab dan sirkular serta dapat terurai kembali ke alam. Mulai dari katun slub, kain tenun jacquard berbahan katun, kain perca sisa produksi dengan motif-motif klasik khas Sejauh Mata Memandang, hingga berbagai jenis denim tenun tangan yang menjadi komponen utama untuk koleksi “Tarum”.

Aneka bahan kain ini merupakan hasil karya inovasi dan kolaborasi Sejauh Mata Memandang dengan mitra pengrajin Keluarga Sejauh yang telah diluncurkan pada tahun 2023 lalu, antara lain seperti: tenun denim benang pintal tangan (denim handspun yarns), tenun denim indigo, tenun denim secang, tenun denim daur ulang dengan komposisi campuran 50 persen benang daur ulang dan 50 persen raw cotton), serta tenun jacquard motif ‘Muara’ yang terbuat dari 100% benang daur ulang. Kain-kain tersebut kemudian diolah dan dipadukan dengan kain-kain yang tidak berbahan dasar serat alam untuk membuat tampilan yang lebih modern.

“Koleksi spesial ini terdiri dari berbagai potongan pakaian, di mana saya ingin memberikan kesempatan atau kebebasan kepada pemakai untuk berpadu padan, menciptakan gaya sesuai dengan preferensi pribadi setiap individu,” kata Adrian Gan.

Koleksi kolaborasi Sejauh Mata Memandang dan Adrian Gan bertajuk “Antaratantrya” dalam Plaza Indonesia Fashion Week 2024 pada Jumat, 8 Maret 2024. Foto: Istimewa

Sementara itu, Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang mengungkapkan rasa senangnya dapat berkolaborasi dengan Adrian Gan.

“Ini adalah pertama kalinya Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan seorang desainer. Sebuah kolaborasi yang saya dan Adrian sudah rencanakan sejak lama dan akhirnya terealisasi di panggung Plaza Indonesia Fashion Week 2024 ini," ucapnya.

Menurut Chitra, berkolaborasi dengan Adrian, memberikan dia sudut pandang baru terhadap kain-kain yang Sejauh Mata Memandang ciptakan. "Biasanya kami membuatnya dengan desain yang terinspirasi dari busana tradisional Indonesia, kali ini dikreasikan oleh Adrian dengan begitu berbeda, bebas, dan tanpa batas," katanya. 

Detail Koleksi Antaratantrya

Koleksi Antaratantrya menampilkan berbagai pakaian sehari-hari dengan sentuhan siluet adibusana yang merupakan ciri khas rancangan Adrian Gan, kemudian didesain dengan gaya kontemporer dan edgy yang terdiri dari berbagai atasan seperti kemeja, crop top, jaket, dress, rok hingga celana dengan keseluruhan 27 looks. Penampilan para model turut dipermanis dengan aksesori dari MAHIJA dan dilengkapi dengan sepatu sneakers dari Pijakbumi.

Pilihan Editor: Mengulik Sumber yang Digunakan Sejauh Mata Memandang selama 9 Tahun

 Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."