Ivan Gunawan Rilis Koleksi Baju Lebaran 2024 Bertajuk Light of Treasure

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Light of Treasure, koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan. Foto: Dok. Mandjha

Light of Treasure, koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan. Foto: Dok. Mandjha

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Inspirasi dalam merancang busana bisa datang dari mana saja, termasuk memori masa kecil. Hal itu tergambar dari penuturan desainer Ivan Gunawan dalam merilis koleksi Mandjha Hijab bertajuk "Light of Treasure". Dia mengungkapkan memori dia yang pernah tinggal di Moskow, Rusia, menjadi pemantik imajinasinya dalam mendesain koleksi baju lebaran tahun ini.

"Karya yang saya buat berdasarkan apa yang saya rasakan. Saya tidak berusaha mengikuti tren, tapi menciptakan tren sendiri. Di koleksi Mandjha Hijab kali ini, saya mengisahkan pengalaman kecil sewaktu di Rusia. Saya pernah tinggal di Moskow. Saya melihat perkembangan Islam di sana sangat pesat. Itu membawa kenangan tersendiri buat saya," ujar Igun sapaan akrabnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2024.

Sentuhan Rusia di koleksi Light of Treasure digambarkan lewat penulisan Mandjha Hijab dalam abjad Rusia. Dia juga terinspirasi dari gaya kerudung sejumlah nenek-nenek di Rusia yang dikenal dengan sebutan babushka.

(Tengah baju serbahitam) Ivan Gunawan bersama para model. Foto: Dok. Mandjha Hijab

Motif wajik atau argyle dari Fabergé Egg yang terkenal dari St. Petersburg cukup dominan di koleksi Mandjha Hijab kali ini. Dihiasi juga dengan motif-motif bunga atau floral khas ornamen interior Winter Palace di St. Petersburg.

Adapula ilustrasi boneka Matrioska muncul sesekali sebagai pelengkap motif print. Igun juga menambahkan sedikit unsur Maroko untuk memperkuat kultur Islam dari negeri Sahara.

Light of Treasure, koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan. Foto: Dok. Mandjha

Mengulik 50 Baju Mandjha Hijab "Light of Treasure", dari One Set hingga Palazzo Oversize

Bicara soal desain, Igun memastikan dan menjaga dalam setiap koleksi modest fashion selama tujuh tahun ini adalah berukuran longgar. Setiap busana tidak menunjukkan lekuk tubuh si pemakai.

"Tidak ada koleksi yang membentuk badan baik itu kemeja, blus, dress, abaya," ujarnya.

Selain longgar, corak juga jadi ciri khas Mandjha Hijab, menurut Igun.

Fashion show koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan bertajuk Light of Treasure di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Dok. Mandjha Hijab

Dia juga mengatakan padu padan busana di koleksi ini bisa dikenakan oleh perempuan berhijab maupun tidak. Dia memilih itu berdasarkan riset pasar para pengguna Mandjha selama ini.

"Saya ingin lebih luas pasarnya. Setelah saya mempelajari pasar, yang datang ke brand saya tak semua berhijab, beragam. Jadi, saya harus bisa memfasilitasi kalau tampilan seperti ini dipakai wanita tidak pakai kerudung seperti apa," katanya.

"Selain untuk hari raya, juga bisa dipakai saat ke kantor atau hari-hari dengan permainan mix and match (padu padan busana)," tambahnya.

Fashion show koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan bertajuk Light of Treasure di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Dok. Mandjha Hijab

Selama sekitar setengah jam Cantika menikmati peragaan busana dengan latar warna lime itu, tampilan aneka corak mendominasi busana seperti karya Mandjha Hijab sebelumnya. Ada outfit yang dipenuhi corak ataupun di salah satu item saja seperti celana, kemeja atau blus. Adapula busana yang dihiasi tulisan Mandjha Hijab dengan abjad Rusia.

Bicara soal warna, palet yang ditawarkan terlihat netral dan lembut mulai dari coklat, krem, hitam, biru tua, biru muda, sage, peach, hingga lime.

Fashion show koleksi Rayya 2024 Mandjha Hijab by Ivan Gunawan bertajuk Light of Treasure di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Dok. Mandjha

Terkait detail rancangan, pemakaian renda dan tulle tetap menjadi favorit Ivan Gunawan. Aplikasi plisket atau pleated juga masih muncul di beberapa busana. Ada pula rompi atau vest berkilau yang dihiasi taburan kristal. Beberapa outfit juga terlihat dipadankan dengan mini belt yang menjadi fashion statement. Dan, model celana palazzo oversize menjadi pilihan utama di koleksi ini.

Para model juga tampak memakai aksesori dan menjinjing tas yang juga dirilis bersamaaan dengan koleksi baju lebaran 2024. 

Koleksi Mandja Hijab bertajuk "Light of Treasure" karya Ivan Gunawan ini dibanderol dari Rp350 ribu hingga Rp2,5 juta. Koleksi tersedia dari ukuran XS hingga XXL.

Pilihan Editor: Bernuansa Gipsi, Ivan Gunawan Akan Tampilkan Keindahan Mawar Inggris di London Fashion Week 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."