12 Tips Memotret saat Traveling, dari Waktu Terbaik hingga Atur Komposisi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi memotret dengan Nikon Z Fc. dok.Nikon

Ilustrasi memotret dengan Nikon Z Fc. dok.Nikon

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTraveling dan memotret menjadi hal yang tidak terpisahkan. Foto-foto yang dihasilkan mengabadikan momen-momen menyenangkan dan mencipatakan kenangan selama liburan. Nah, bagaimana menghasilkan foto-foto keren saat traveling?

Mengambil foto terbaik selama perjalanan melibatkan kombinasi keterampilan teknis, kreativitas, dan pemahaman tentang kamera. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips untuk membantu mengambil foto perjalanan yang berkesan dan menakjubkan.

1. Bangun pagi hari 

Matahari terbit dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengabadikan keindahan alam. Bagi penggemar fotografi, cahaya yang baik adalah salah satu unsur terpenting untuk menghasilkan foto terbaik. Cahaya awal yang hangat dan lembut menghasilkan beberapa gambar yang bagus. Hindari sinar matahari tengah hari yang terik, karena dapat menciptakan bayangan yang kuat dan pencahayaan berlebih.

2. Kenali perlengkapan 

Mengetahui perlengkapan yang dibawa adalah faktor penting lainnya. Jadi pelajari pengaturan kamera atau ponsel, pahami cara mengatur eksposur dan fokus, dan hal lainnya. Bersihkan lensa kamera sebelum memotret untuk menghindari gambar buram atau kabur.

3. Rencanakan pemotretan 

Teliti tujuan dan rencanakan pemotretan yang ingin dilakukan. Pertimbangkan waktu terbaik dalam sehari untuk kondisi pencahayaan tertentu. Waspadai adat istiadat dan hukum setempat mengenai fotografi karena ada beberapa lokasi yang tidak boleh difoto atau orang-orang yang tidak difoto. 

4. Komposisi, ketahui aturan sepertiga

Aturan sepertiga sangat penting dalam menangkap gambar yang mengagumkan. Bagi bingkai secara imajinatif menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal, dan tempatkan subjek utama di pertemuan garis-garis pembagi ini.

5. Masukkan penduduk lokal dalam foto

Tambahkan penduduk lokal untuk menambahkan elemen manusia ke foto. Ini bisa menceritakan sebuah kisah dengan gambar. Tunjukkan budaya, lingkungan, dan emosi tempat tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."