Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Hasil Olahraga? Ini Kata Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Garetsvisual

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Garetsvisual

IKLAN

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Penurunan Berat Badan Setelah Berolahraga?

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan melalui olahraga, Anda mungkin mulai melihat hasilnya dalam dua hingga tiga minggu, kata pelatih pribadi bersertifikat NASM Guychard Codio, salah satu pendiri New York City Personal Training. Dan, bagi orang lain, mungkin memerlukan waktu lebih lama.

Pelatih pribadi bersertifikat NASM Ashley Kelly mengatakan kliennya biasanya mulai melihat hasil penurunan berat badan setelah berolahraga dalam waktu sekitar enam minggu.

Meskipun perubahan mungkin terlihat hanya dalam beberapa minggu, Anda tidak boleh terburu-buru dalam melakukan pendekatan dalam jangka waktu singkat. Jika Anda ingin mempertahankan berat badan, Anda memerlukan rutinitas yang berkembang secara perlahan dan mantap, bukan rutinitas yang mengharuskan Anda berusaha sekuat tenaga dari awal, mencoba menurunkan berat badan secepat mungkin, jelas Codio.

Misalnya, CDC dan Mayo Clinic merekomendasikan upaya untuk menurunkan berat badan hanya 0,5 kg hingga 1 kg per minggu, tidak lebih. Itu berarti setelah melakukan penurunan berat badan selama enam minggu, aman untuk menurunkan berat badan antara 3 kg dan 6 kg.

Ingatlah bahwa Anda mungkin tidak melanjutkan tingkat penurunan berat badan ini dalam jangka panjang, kata Gagliardi.

“Dalam hal penurunan berat badan awal, tujuan umum yang harus diperjuangkan adalah penurunan satu hingga dua pon per minggu. Awalnya, penurunan berat badan mungkin terjadi lebih cepat dan dengan usaha yang terasa lebih mudah,” jelasnya.

Ilustrasi wanita lelah usai berolahraga. Freepik.com/Drazen Zigic

Namun, saat Anda mulai menurunkan berat badan dan meningkatkan level kebugaran Anda, mungkin diperlukan lebih banyak waktu, energi, dan upaya untuk mencapai tingkat penurunan berat badan yang sama atau untuk mencegah dan mengurangi penambahan berat badan.

Dan Anda tidak bisa menurunkan berat badan "secara instan" selama berolahraga. “Penting untuk dicatat bahwa perubahan berat badan dapat terjadi selama latihan dan hal ini tidak sama dengan jenis penurunan berat badan yang terjadi secara bertahap seiring berjalannya waktu,” Gagliardi memperingatkan.

Penurunan berat badan yang cepat ini biasanya disebabkan oleh perubahan status hidrasi. Pedoman hidrasi yang tepat harus diikuti saat berolahraga. Anda pasti ingin terhidrasi sebelum, selama, dan setelah berolahraga, khususnya minum 16-20 ons air untuk setiap pon air yang hilang.

Meskipun demikian, ada banyak variabel yang mempengaruhi penurunan berat badan, termasuk konsumsi dan kualitas makanan, tingkat olahraga (frekuensi, intensitas, jenis, waktu), perilaku gaya hidup (misalnya tidur, aktivitas waktu senggang, stres), perubahan hormonal, penuaan, dan banyak faktor lainnya, kata Gagliardi.

Terakhir, penting juga untuk diperhatikan bahwa timbangan bukanlah satu-satunya indikator kemajuan penurunan berat badan. Anda juga dapat menilai perubahan fisik berdasarkan kesesuaian pakaian Anda, penampilan Anda di cermin, atau persentase lemak tubuh Anda.

Faktanya, jika Anda melakukan latihan kekuatan, Anda bisa mendapatkan massa otot, yang dapat membuat angka timbangan meningkat, kata Kelly. Dan itu adalah hal yang baik untuk tujuan penurunan berat badan jangka panjang serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin mudah tubuh Anda menghilangkan lemak dan membakar kalori sepanjang hari, kata Codio.

Perlu kita ingat bersama, penting untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain dan tingkat perubahannya, namun fokuslah pada bagaimana olahraga mengubah Anda secara fisiologis dan psikologis serta manfaat lain yang mungkin Anda alami. Ingatlah seberapa baik manfaat olahraga bagi kesehatan Anda secara keseluruhan (mental dan fisik) serta perubahan apa pun yang mungkin Anda lihat secara nyata.

Pilihan Editor: Olahraga Penguatan Tulang dan Otot untuk Anak Bisa Coba Basket Hingga Panjat Tali

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."