5 Cara Menjaga Hubungan LDR Tetap Langgeng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan hubungan jarak jauh atau LDR. Freepik.com

Ilustrasi pasangan hubungan jarak jauh atau LDR. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dibutuhkan upaya, komunikasi, dan kepercayaan untuk menjaga hubungan jarak jauh atau long distance (LDR) tetap langgeng. Pasangan tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam hubungan LDR jika mereka memiliki pendekatan dan pandangan yang tepat. Berikut ini beberapa cara menjaga hubungan LDR tetap langgeng menurut Rashi Agarwal, psikiater, pakar kesehatan mental sekaligus pendidik, juga

1. Komunikasi jadi prioritas

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan hubungan apa pun, tetapi dalam hubungan LDR, komunikasi menjadi lebih penting. Komunikasi yang konsisten dengan pasangan harus menjadi fokus utama.

Alokasikan waktu untuk berkirim pesan, panggilan telepon, dan panggilan video. Bicarakan tentang perasaan Anda, pemikiran Anda, dan hal-hal spesifik hari Anda. Hal ini meningkatkan ikatan emosional antara Anda dan pasangan selain membantu menjaga jarak fisik.

2. Memanfaatkan teknologi

Saat ini, ada banyak pilihan teknologi untuk menjaga koneksi. Manfaatkan media sosial, panggilan video, dan pesan instan untuk mendekatkan jarak. Manfaatkan teknologi secara inventif untuk tetap terlibat dan hadir dalam kehidupan sehari-hari satu sama lain. Namun berhati-hatilah untuk tidak hanya mengandalkan teknologi catatan tulisan tangan atau paket perawatan terkadang dapat memberikan sentuhan pribadi.

3. Tetap positif dan supportif

Meskipun sulit, hubungan LDR membutuhkan sikap positif. Perhatikan aspek positif hubungan Anda, kasih sayang Anda bersama, dan ruang untuk pengembangan. Dorong satu sama lain untuk mengejar impian mereka, meskipun itu memerlukan perpisahan singkat.

Hargai pencapaian satu sama lain dan berikan penghiburan ketika keadaan sulit. Semangat dan optimisme cukup membantu dalam melewati tantangan yang ditimbulkan oleh jarak.

4. Bersabar

Salah satu kualitas penting utama dalam hubungan LDR adalah kesabaran. Tunjukkan kesabaran satu sama lain dan hubungan. Ketika menyesuaikan diri dengan perubahan jadwal, zona waktu, atau keadaan yang tidak terduga, fleksibilitas sangatlah penting. Atasi masalah sebagai sebuah kelompok, bekerja sama untuk mengembangkan solusi dan memperkuat ikatan Anda.

5. Butuh komitmen kedua belah pihak

Sama dengan hubungan lainnya, hubungan LDR juga membutuhkan komitmen kedua belah pihak, yakni antara Anda dan pasangan. Dengan memegang komitmen itu, Anda berdua menjaga kepercayaan hingga memiliki semangat juang yang sama menghadapi rintangan demi rintangan.

Pilihan Editor: 25 Kata-kata Romantis buat Pacar LDR

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."