7 Makanan yang Mengandung Kolagen, Ada Ikan Salmon hingga Buah Beri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolagen adalah protein yang memberi struktur pada otot, tulang, kulit, dan tendon, menurut Bianca Tamburello, ahli diet terdaftar di FRESH Communications. Sebagai bahan penting bagi struktur vital ini, kolagen ditemukan berlimpah di seluruh tubuh. Selain itu, ada beberapa makanan yang mengandung kolagen untuk membantu produksi kolagen secara optimal.

Seperti kita ketahui seiring bertambahnya usia dan paparan faktor lingkungan seperti sinar ultra violet (UV), produksi kolagen dalam tubuh mulai menurun. 

Pola makan yang bervariasi penting untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk produksi kolagen, menurut Tamburello.

“Asam amino tertentu termasuk glisin, prolin, dan hidroksiprolin juga berfungsi sebagai bahan penyusun kolagen,” katanya dikutip dari Real Simple, Selasa, 14 November 2023.

Vitamin C dan zinc juga dibutuhkan tubuh membuat kolagen sendiri untuk struktur dan fungsi tubuh.

Tembaga dan belerang adalah dua mineral yang juga membantu produksi kolagen alami di seluruh tubuh.

Oke, mari kita telusur sejumlah sumber makanan yang mengandung kolagen tinggi.

1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan kaya kolagen alami dan terbaik yang bisa Anda konsumsi.

“Satu penelitian menemukan bahwa kolagen ikan adalah salah satu sumber kolagen makanan yang paling efisien diserap,” kata Tamburello.

Ikan salmon. kineticsnj.com

“Saya merekomendasikan ikan salmon dari Chili karena mengandung lemak omega-3 yang tinggi dan menawarkan protein berkualitas tinggi dalam bentuk asam amino untuk mendukung produksi kolagen.” 

Pilihan bagus lainnya mencakup ikan teri dan sarden karena dikemas dengan kulit, tulang, dan jaringan ikat yang utuh. Dan meskipun struktur ini untungnya larut, ikan-ikan tersebut juga menyediakan asam amino dan kolagen untuk mendukung produksi alami.

2. Buah Sitrus

Beberapa makanan kaya vitamin C seperti lemon, jeruk bali, dan jeruk nipis membantu menjaga kolagen dalam tubuh dan berperan penting dalam proses tubuh membuat kolagen sendiri.

Ilustrasi teh lemon atau lemon tea (Pixabay.com)

Anda bisa memilih segelas air lemon segar, setengah jeruk bali saat sarapan, atau membuat salad buah jeruk, semua hidangan jeruk yang lezat ini akan membantu mendukung kesehatan kulit, rambut, kuku, persendian, dan banyak lagi.

3. Telur

Selain prolin, seng, dan belerang yang ditemukan dalam telur, makanan favorit saat sarapan ini juga mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh.

Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

Perlu diketahui seng sebagian besar ditemukan di kuning telur, sementara prolin dan belerang sebagian besar terkonsentrasi di bagian putih telur. Jadi bagi mereka yang menjaga asupan kolesterol dapat mengonsumsi putih telur untuk memperoleh manfaat kolagen.

4. Buah Beri

Ilustrasi kebun strawberry

Baik itu stroberi, raspberry, blueberry, cranberry, atau buah beri lezat lainnya, buah-buahan ini benar-benar mengandung vitamin C pembentuk kolagen. Ada banyak cara untuk menikmatinya seperti smoothies, oatmeal, makanan yang dipanggang, parfait yogurt, salad gurih , selai buatan sendiri, dan banyak lagi.

5. Kaldu Tulang

Ilustrasi kaldu ayam (Pixabay.com)

“ Kaldu tulang adalah salah satu makanan tinggi kolagen yang paling terkenal,” kata Tamburello. Anda bisa membuat kaldu tulang sendiri di rumah, meski prosesnya bisa sangat memakan waktu. Di sisi lain, ada juga banyak sekali produk kaldu tulang yang tersedia.

6. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

Ada banyak sumber protein vegan yang menyediakan asam amino untuk mendukung produksi kolagen, termasuk kacang-kacangan. Selain menawarkan serangkaian asam amino pembentuk kolagen, banyak varietas kacang-kacangan , termasuk kacang pinto dan kacang putih, juga merupakan sumber tembaga.

7. Kerang

Ilustrasi kerang (Pixabay.com)

Kerang dan tiram termasuk makanan yang tinggi kolagen. Kelezatan asin ini tidak hanya kaya akan beragam asam amino untuk membangun kolagen, tetapi juga merupakan sumber makanan tembaga dan seng terbaik untuk membantu Anda mendapatkan semua manfaat kolagen.

Pilihan Editor: Jenis dan Manfaat Kolagen bagi Tubuh, Kurangi Nyeri Sendi dan Kulit Lebih Sehat

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."