5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak dari Polusi Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata anak. Freepix.com

Ilustrasi mata anak. Freepix.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meningkatnya polusi udara telah menyebabkan peningkatan penyakit pernapasan dan kardiovaskular, namun juga bisa menimbulkan ancaman bagi mata termasuk mata anak. Penelitian menunjukkan bahwa paparan polutan dapat menyebabkan mata kering, iritasi mata,  bahkan kehilangan penglihatan. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut lima tips menjaga kesehatan mata anak dari polusi udara.

1. Batasi Paparan Anak terhadap Polusi Udara

Salah satu cara terbaik untuk melindungi mata anaj dari polusi udara adalah dengan membatasi paparannya. Jika memungkinkan, hindari area dengan tingkat polusi udara yang tinggi, seperti jalan raya yang sibuk atau lokasi konstruksi.

Jika anak Anda harus berada di lingkungan yang tercemar, usahakan untuk membantu mereka sebisa mungkin tetap berada di dalam rumah.

Saat anak Anda keluar rumah, mintalah dia berjalan di sisi jalan yang paling jauh dari lalu lintas, dan hindari berolahraga atau berlari di tempat yang tercemar. Menggunakan alat pembersih udara juga bisa menjadi cara yang baik.

2. Pakailah Kacamata Pelindung

Salah satu cara terbaik untuk melindungi mata anak dari polusi udara adalah dengan mewajibkan mereka memakai kacamata pelindung. Kacamata hitam dengan pelindung ultraviolet (UV) dapat membantu mencegah kerusakan mata akibat sinar matahari, sedangkan kaca mata safety dapat memberikan perlindungan dari partikel di udara.

3. Jaga agar Mata Tetap Terhidrasi

Menurut Neha Kapur, Konsultan Kornea, Bedah Refraktif dan Segmen Anterior, Rumah Sakit Mata Amal Dr. Shroff, India, polusi udara dapat menyebabkan mata kering, sehingga memicu ketidaknyamanan dan bahkan kehilangan penglihatan.

Untuk mencegah mata kering, pastikan anak Anda banyak minum air putih dan menghindari kafein yang dapat membuat tubuh dehidrasi. Anda juga dapat menggunakan air mata atau obat tetes mata buatan yang aman untuk anak. Produk-produk ini dapat membantu meringankan kekeringan dan iritasi akibat polusi udara.

4. Cegah Anak Mengucek Mata

Jika anak Anda mengucek matanya, hal ini dapat memperparah iritasi dan peradangan mata. Daripada menggosok mata, mintalah mereka untuk sering berkedip untuk membantu menghilangkan polutan yang mungkin mengenai mata Anda. 

5. Makan Makanan yang Sehat

Pola makan sehat yang disajikan kepada anak dapat membantu melindungi mata mereka dari dampak polusi udara. Makanan kaya antioksidan, seperti sayuran berdaun hijau, beri, dan kacang-kacangan, dapat membantu melindungi kesehatan mata anak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi udara.

Pilihan Editor: Polusi Udara Bisa Mengancam Tumbuh Kembang Anak, Simak Penjelasan Ahli

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."