Cara Anya Geraldine Dalami Peran di Gampang Cuan, Belajar Bahasa Sunda Satu Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktris Anya Geraldine saat konferensi pers film Gampang Cuan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.  TEMPO/Febri Angga Palguna

Aktris Anya Geraldine saat konferensi pers film Gampang Cuan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu, 8 November 2023. TEMPO/Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Model dan aktris, Anya Geraldine berperan sebagai Bilqis di film Gampang Cuan. Dalam film drama komedi karya penulis dan sutradara Rahabi Mandra ini, karakter Bilqis digambarkan anak kedua dari tiga bersaudara asal Sukabumi, Jawa Barat. Bilqis tumbuh dan besar di Sukabumi, lalu dia merantau ke Jakarta mengikuti kakaknya, Sultan yang diperankan Vino G. Bastian. Sesuai dengan karakter tersebut, Anya menggunakan bahasa Sunda dalam dialog selain bahasa Indonesia.

Mengingat Anya tumbuh dan besar di Jakarta, dia pun mempelajari bahasa Sunda sebelum syuting. Tak sendirian, dia bersama pemain lainnya belajar dari mang Erik, penutur bahasa Sunda asli yang juga berperan sebagai HRD di Gampang Cuan. Mereka belajar selama satu bulan setelah sesi membaca naskah bersama alias reading.

"Hampir sebulan (latihan bahasa Sunda). Setiap hari, kami ada reading, setelah itu ada jadwal coaching (latihan) dialek dan bahasa Sunda sama orang Sunda asli," katanya dalam konferensi pers Gampang Cuan di Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu, 8 November 2023.

Anya juga mengisahkan adegan marah-marah dengan bahasa Sunda termasuk hal yang penuh perjuangan baginya. Sembari membangun emosi marah, dia juga harus memastikan tidak membuat kekeliruan mengucapkan dialog dalam bahasa Sunda.

"(Mengucapkan) bahasa Sunda sambil marah-marah salah satu best effort bagi aku," imbuh perempuan 27 tahun itu.

Menariknya, di awal Anya mengaku kesulitan mendalami bahasa Sunda, tapi setelah syuting malah tak bisa lepas dari bahasa dan dialek Sunda dalam keseharian.

"Jadi pengen ngomong itu (bahasa Sunda) terus. Tiga minggu setelah syuting masih kebawa, 'iyah' 'apah',  ada -h di belakangnya, an*ing juga kebawa kalau ada apa," jelasnya.

Aktris Anya Geraldine saat konferensi pers film Gampang Cuan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu, 8 November 2023. TEMPO/Febri Angga Palguna

Memahami Perjuangan Anak Kedua

Selain belajar bahasa Sunda, Anya juga mengisahkan memetik pelajaran lain karakter Bilqis sebagai anak kedua. Anya diketahui merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Berkat peran ini, dia menyadari perjuangan anak kedua cukup menantang.

"Aku aslinya anak pertama, aku tidak pernah tahu rasanya jadi anak tengah. Dengan menjadi Bilqis, aku jadi mengerti struggle-nya anak tengah, tidak begitu dibebaskan juga tidak begitu disayang seperti kakak sama adiknya," kata pemeran Lydia di Layangan Putus itu.

"Aku jadi mengerti bagaimana Bilqis itu ingin memberikan pembuktian dan memberikan yang terbaik untuk ibunya," ucapnya.

Anya Geraldine dan Vino G Bastian berbincang saat konferensi pers film Gampang Cuan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu, 8 November 2023. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Sinopsis Gampang Cuan

Gampang Cuan mengisahkan sosok Sultan (Vino G. Bastian), anak sulung di keluarga yang bertahun-tahun merantau ke Jakarta dari Sukabumi dengan pekerjaan yang serabutan. Bahkan harus meminjam rentenir untuk mengirimkan uang ke kampung. Suatu hari, Sultan dikagetkan dengan kedatangan adik perempuannya, Bilqis (Anya Geraldine) yang menjumpai bahwa realita kehidupan kakaknya tidak sebagus yang diceritakan.

Selain itu, Bilqis juga membawa surat utang mendiang ayahnya sebesar Rp300 juta yang harus segera dilunasi. Di sisi lain, Sultan dituntut untuk membiayai kuliah si adik bungsu, Aji (Alzi Markers). Sultan dan Bilqis kemudian jungkir balik mencari cuan untuk membayar utang tanpa sepengetahuan sang Ibu, Mamah Diah (Meriam Bellina).

Meski mengambil sudut pandang perantau yang secara demografis asalnya tidak jauh dari ibu kota, film produksi Temata Studios, Adhya Pictures, dan Legacy Pictures ini menyoroti betapa besarnya ekspektasi masyarakat daerah terhadap kemudahan hidup di Jakarta, padahal nyatanya banyak rintangannya.

Selain Anya Geraldine, Gampang Cuan juga dibintangi oleh Alzi Markers, Dimas Danang, Pandu Winoto, Anya Zein, Iang Darmawan, dan Soegi Indra Djhuaja. Film Gampang Cuan tayang perdana tanggal 16 November 2023 di seluruh bioskop di Indonesia.

Pilihan Editor: Main di Film Terbaru, Anya Geraldine Ungkap Pernah jadi Bucin

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."