Demi Totalitas Peran di Gadis Kretek, Dian Sastro Menjauh dari Teman-teman dan Setop Olahraga Lari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram/@therealdisastr

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro memerankan tokoh Dasiyah di serial Gadis Kretek yang akan tayang esok hari, Kamis, 2 November 2023. Untuk mendalami karakter Dasiyah sebagai peracik saus di perusahaan kretek berlatar 1960, ada beberapa hal yang dihindari dan dilakukan ibu dua anak itu. 

"Untuk memerankan Dasiyah, saya berhenti bertemu teman-teman saya sekitar enam bulan. Saya berhenti bersosialisi. Saya berhenti olahraga lari dan tenis yang saya suka banget. Karena saya ingin melatih badan saya agar gerak-gerik saya seperti di zaman itu, di mana perempuan tidak banyak aktivitas atau olahraganya," ujar Dian Sastro dalam konferensi pers Gadis Kretek di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat, Rabu, 1 November 2023.

"Saya juga berhenti dengar musik modern, saya cuma mendengar musik gamelan dan klasik selama beberapa bulan. Itu salah satu contohnya dari sekian banyak latihan yang saya kerjakan," sambungnya.

Konferensi pers serial Gadis Kretek di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat, Rabu, 1 November 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Dian Sastro Sebut Karakter Dasiyah Bertolak Belakang dengan Pribadinya

Dian juga mengisahkan bahwa dia banyak latihan di rumah selain masa reading dan acting coach. Menurut dia, itu bagian dari tanggung jawab seorang aktor untuk semakin meresapi tokoh yang akan diperankan.

"Aku bikin kedisiplinan waktu di rumah, selama beberapa jam di ruangan sendiri tidak menyalakan televisi, internet, ataupun pegang ponsel. Saya fokus menulis tangan. Karena Dasiyah itu tidak banyak interaksi sama orang, ga banyak ngobrol, dia banyak nulis catatannya sendiri," ucap perempuan 41 tahun itu.

Dia menjalani itu selama berminggu-minggu. Dengan lugas dan jujur, Dian mengaku awalnya sulit untuk masuk ke karakter Dasiyah. Sebab karakter Dasiyah bertolak belakang dari pribadinya seperti yang dia sampaikan di awal.

"Pertama-tama untuk masuk ke sana (karakter Dasiyah), aku depresi banget. Karena aku orang yang senang hangout sama teman-teman, pergi jalan-jalan. Jadi, karakter ini jauh dari aku dan perlu pasrah. Di sini aku belajar bahwa aktor budak karakter.

"Kita harus pasrah, karena tugas aktor adalah menyerahkan diri kepada karakter. Kalau karakter membutuhkan aktornya melakukan itu semua, kita harus jalani dengan legowo," tuturnya.

Meski demikian, Dian menganggap masa-masa membangun karakter Dasiyah adalah tantangan dan kesempatan berharga untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan aktingnya. Dia pun bersyukur mendapatkan banyak arahan dari sutradara Kamila Andini dan pelatih akting Rukman Rosadi yang juga berperan sebagai ayahnya di Gadis Kretek.

Setelah membangun atau deveploment karakter Dasiyah di dirinya, Dian mengaku proses syuting berjalan lancar dan menyenangkan. Dia pun menyebutkan lawan mainnya, Ario Bayu yang berperan sebagai Soeraja sangat membantu lewat diskusi untuk membangun chemistry saat berakting.

Sinopsis Gadis Kretek

Serial Gadis Kretek menghadirkan tokoh Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek, dan Soeraja (Ario Bayu) dalam kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini dipendam.

Gadis Kretek juga didukung oleh sederet aktor ternama lainnya seperti Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Proses produksi Gadis Kretek diketahui sejak tahun 2022. Kamila Andini dan Ifa Isfansyah bertindak sebagai sutradara, serta diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo. Gadis Kretek bakal tayang perdana esok hari, Kamis, 2 November 2023 di Netflix.

Pilihan Editor: Dian Sastro Luncurkan Program Perempuan Inovasi 2023, Kembangkan Talenta Digital

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."