Ketahui Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak kelapa. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi minyak kelapa. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kelapa disukai banyak orang karena beragam kegunaannya. Selain menambah rasa halus pada hidangan apa pun, bahan ini juga digunakan dalam pekerjaan rumah tangga seperti mengkondisikan lantai kayu dan sebagai bahan pelembap dalam rutinitas perawatan rambut serta kulit. Bicara soal manfaat minyak kelapa untuk rambut, asam laurat atau lauric acid di dalamnya menjadi penentu. Mengapa demikian?

Menurut Steven Shapiro, dokter kulit bersertifikat yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidangnya, asam lemak tersebut dapat menembus jauh ke dalam batang rambut. Hasilnya, dapat membantu melindungi rambut dari kehilangan protein sekaligus memberikan kelembapan yang tahan lama.

Walhasil membuat rambut terlihat lebih penuh, berkilau, dan sehat. Minyak kelapa juga membuat rambut lebih lembut, halus, dan mudah ditata.

Shapiro menyebutkan penggunaan alat pemanas, perawatan pewarnaan hingga hal-hal seperti polusi dan cuaca ekstrem dapat menyebabkan kelembapan dan protein dari rambut Anda. Walhasil, kondisi itu bisa mengakibatkan rambut kering, kusam, rentan patah, pecah, dan rontok berlebihan.

Apakah Minyak Kelapa Membantu Pertumbuhan Rambut?

Jawabannya bisa. Seperti yang dijelaskan Shapiro, minyak kelapa sangat menutrisi kulit, jadi menggunakannya pada rambut Anda dapat mencegah kerontokan rambut dengan menciptakan kondisi yang lebih optimal untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Dan, ingat asam laurat yang baru saja kita bicarakan? Selain menjadi pelembap yang sangat baik, asam laurat juga dapat membantu melawan peradangan di sekitar folikel rambut, yang merupakan salah satu penyebab umum di balik kerontokan rambut, kata Shapiro.

Sekali lagi, asam laurat merupakan komponen utama minyak kelapa, yang membuatnya mudah meresap ke dalam rambut, sehingga juga dapat membantu memperkuat kutikula. Mirip dengan apa yang terjadi jika pelindung kulit rusak, kutikula yang rusak menerima masuknya zat berbahaya dan air yang dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan rambut. Peningkatan kekuatan rambut dan impermeabilitas yang lebih besar menghasilkan lebih sedikit kerusakan.

Namun, data tersebut tidak cukup untuk mendukung klaim bahwa minyak kelapa sebenarnya meningkatkan pertumbuhan rambut pada tingkat folikel.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa pada Rambut

Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan minyak kelapa pada rambut Anda, tetapi sebelum Anda melakukan apa pun, disarankan untuk tetap menggunakan minyak kelapa murni (atau bahkan minyak kelapa extra virgin) untuk hasil terbaik. 

1. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa langsung sebelum atau sesudah mencuci rambut untuk melindungi dari kerusakan dan menjaga kelembapan penting, menurut Shapirpo.

2. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai masker rambut dua hingga tiga kali seminggu. Caranya, cukup hangatkan minyak kelapa dan oleskan pada rambut kering, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengaplikasikan minyak secara merata, dimulai dari bagian tengah rambut Anda lalu ke ujung rambut.

Untuk perawatan cepat, biarkan selama 30 menit, keramas dan kondisikan rambut Anda seperti biasa. Untuk hidrasi ekstra, biarkan semalaman dengan rambut terbungkus topi mandi atau syal sutra. Lalu, mandi dan keramas di pagi hari.

3. Cobalah sebagai minyak penutup untuk meminimalkan munculnya ujung rambut bercabang, mengurangi rambut kusut. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki helai rambut keriting, kasar, atau berpori.

Pada rambut lembap, oleskan sedikit minyak kelapa pada ujungnya atau angkat sedikit lebih tinggi ke bagian tengah, dan hindari pemakaian di akar rambut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."