5 Makanan Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah, dari Ikan Sarden hingga Sayuran Hijau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi menu olahan ikan sarden. Shutterstock

Ilustrasi menu olahan ikan sarden. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan serius yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Salah satu cara yang efektif untuk mengelola tekanan darah adalah dengan mengadopsi pola makan yang sehat. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

1. Sayuran Hijau

Dikutip dari Prevention, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, arugula, lobak Swiss, sayuran bit, dan selada romaine merupakan sumber potasium dan magnesium yang sangat baik. Ini bekerja sama untuk mengatur tekanan darah.

2. Buah-buahan

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Buah-buahan seperti pisang, jeruk, dan stroberi mengandung kalium dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan mengontrol berat badan, yang dapat mempengaruhi tekanan darah.

3. Ikan Berlemak

Dikutip dari WebMD, ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan ikan sarden sebagai sumber kalsium yang baik dan mengandung omega-3 asam lemak yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Studi tentang suplemen minyak ikan menunjukkan bahwa suplemen tersebut dapat menurunkan tekanan darah, terutama jika tekanan darah tinggi sedang atau parah.

4. Bawang Putih

Dikutip dari National Institute of Health (NIH), bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dimasukkan dalam makanan dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik.

5. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. Unsplash/Peter Feghali

Kacang-kacangan seperti almond, seperti kenari dan almond bisa menjadi sumber lemak sehat untuk membantu kesehatan jantung. Namun untuk tekanan darah tinggi, pistachio adalah pilihan yang baik. Pistachio tampaknya memiliki efek paling kuat dalam menurunkan pembacaan tekanan darah atas dan bawah.

Pilihan Editor: Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh, Kontrol Tekanan Darah hingga Bantu Penyembuhan Luka

KAKAK INDRA PURNAMA | NURHADI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."