Tren Belanja Online di Kuartal III 2023, Kemasan Makanan hingga Pohon Natal Paling Laris

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi paper bag dan boks kardus makanan. Foto: Freepik.com

Ilustrasi paper bag dan boks kardus makanan. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belanja online masih menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pascapandemi. Menurut sebuah laporan Populix 2023, disebutkan bahwa 82 persen masyarakat Indonesia memilih berbelanja berbagai produk kebutuhan lewat platform e-commerce. Tingginya animo masyarakat tersebut juga tercermin dari data tren belanja online di Tokopedia sepanjang kuartal III 2023.

“Beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga, dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh),” kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega dalam siaran pers yang diterima Cantika, Senin, 18 September 2023.

Tokopedia pun mengungkap tren belanja online sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal II 2023. 

Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, pakaian adat, seragam koki, dan long john menjadi beberapa produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.

Di kategori produk Otomotif, beberapa produk yang paling banyak dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu mobil, motor dan kunci helm, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.

Pada kategori produk Elektronik, beberapa produk terlaris di Tokopedia, antara lain monitor komputer, optical drive, dan perangkat membaca buku digital (e-reader), transaksinya meningkat hampir 2 kali lipat.

Tingginya tren belanja online e-reader selaras dengan data Perpustakaan Nasional yang menyebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia naik dengan rata-rata nasional sebesar 63,8 poin.

“Selain itu, pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, kemasan makanan dan minuman (seperti food paper bag, box kardus makanan, dan paper rice bowl), dekorasi (seperti slinger, lampu pohon Natal, dan pohon Natal) serta kotak surat menjadi sejumlah produk terlaris, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat,” kata Antonia.

“Data itu menunjukkan kemasan ramah lingkungan untuk makanan dan minuman kian diminati masyarakat. Untuk terus mengajak pembeli, penjual dan mitra strategis lain menggencarkan aksi menjaga lingkungan, Tokopedia menghadirkan gerakan Tokopedia Hijau,” jelas Antonia. Hal tersebut sejalan dengan salah satu komitmen Tiga Nol GoTo, yaitu Nol Sampah. 

Antonia juga menjelaskan, “Pada kategori produk Groceries di Tokopedia, obat mual dan pencernaan, foot spray, dan cuka apel menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 10,5 kali lipat.”

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."