Fotografi Hobi Foto yang Jadi Incaran Kaum Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Fotografi/Canva

Fotografi/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bernama Dian Mayori, salah satu pengajar di Darwis Triadi School Of Photography sejak tahun 2010. Alamat sekolah fotografi legendaris ini berlokasi di Jalan Kemang Raya No 69A Jakarta Selatan. Dian, saat di wawancarai oleh Cantika saat itu sedang melatih peserta didiknya yang berjumlah 7 orang sedang melakukan hunting foto di acara Car Free Day di Senayan, Jakarta Selatan 31 Juli 2023. “ Jadi yang sudah beberapa kali dipelajari di kelas seminggu 2 kali itu bisa di eksplor di hunting.” 

Sekolah yang sudah hadir sejak 2003 ini mempunyai beberapa jenis tingkat pembelajaran, diantaranya basic, intermediate, dan advance. Sebanyak 50% para peserta yang mengikuti jenis tingkat mulai dari basic, lanjut ke tingkat selanjutnya sampai ke tingkatan paling tinggi di kelas photography- advance. 

Uniknya lagi, di Darwis Photography tidak ada range atau batasan umur. “ Tidak ada limit umur, yang penting dia bawa kamera.” 

Sempat berpikir bagaimana cara pendekatan mengajarnya, namun sekolah tersebut mempunyai dua pendekatan yang berbeda. Meski satu kelas bercampur dari berbagai usia, Dian menuturkan pendekatan untuk range usia SD  hingga SMA, pengajar harus lebih pro aktif. “Gimana, bisa apa? Gimana yang tadi dipelajari bisa gak?” sedangkan untuk peserta dewasa, mereka yang lebih banyak bertanya. Dan untuk pembeda lainnya adalah mayoritas peserta SD hingga SMA hanya di weekend aja. “ Karena kelas toeri kita ini malam, dari jam 19:00 hingga jam 21:00 atau bahkan sampai selesai.”

Igor Widjaja- sapaannya Igor, salah satu peserta Darwis Photography yang saat itu ikut hunting bersama jajaran peserta lainnya. Namun, Igor ini bukan dari kelas basic, melainkan satu tingkat diatasnya, yakni kelas intermediate. Meski ujar Igor mengikuti kelas Darwis Photography karena dorongan dari orang tua, namun Igor tidak merasa terpaksa atau terbebani. Sebab, nyatanya alasan orang tua menyuruh Igor untuk kembali mendalami photography karena teknologi yang semakin  berkembang pesat, dan perlunya Igor untuk meng upgrade skill.  

Awal mula Igor belajar tentang photography ini secara otodidak. Kemudian, Igor diberi fasilitas lebih oleh kedua orang tuanya untuk mengemban ilmu bidang photography ini di sekolah khusus photography yang ada di luar negeri. 

Setelah Igor mulai belajar kembali melalui kelas intermediate di Darwis Photography, ternyata ia menemukan berbagai hal di sekolahnya dahulu yang belum ia tuntaskan. Igor pun sangat memanfaatkan moment belajar di sekolah photography legendaris ini dengan baik. “ Ternyata banyak hal yang berbeda, contohnya seperti realita bisnis fotografi di luar dan di Indonesia itu beda.” Ujar Igor saat di temui CANTIKA  sambil berjalan bersama rombongan peserta hunting kelas Darwis Photography dalam Car Free Day di Jakarta, 31 Juli 2023. 

Lain halnya dengan Igor, Indah Mega- salah satu peserta Darwis Photography yang mengikuti kelas kategori basic mengaku bahwa sebelumnya memang sama sekali belum paham mengenai teknik fotografi yang benar. Indah-sapaanya, sebelum belajar lebih dalam tentang fotografi, setiap mengambil sebuah foto melalui media smartphone hanya asal jepret saja. Dan, setelah menjadi bagian dari kelas Darwis Photography, ia menjadi paham dan diberi tahu kalau misal cahaya terang, jadi perhitungan iso nya itu gimana, seru banget! 

Bagi kamu yang tertarik mendalami ilmu fotografi atau ingin mencari teman baru memulai hobi baru menjadi fotografer, tidak ada salahnya untuk menjajal ilmu foto lebih dalam, Darwis Photography bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat buat kamu. Selamat ber eksplor foto ya, Sahabat cantika. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."