6 Cara Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja, Pentingnya Persiapan dan Bahasa Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pengusaha pemula. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pengusaha pemula. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Individu yang percaya diri cenderung tampil lebih baik, menangani tantangan dengan ketahanan, dan membangun hubungan profesional yang kuat di tempat kerja. Jika Anda ingin meningkatkan percaya diri di tempat kerja, pertimbangkan enam poin berikut.

1. Kesadaran diri dan Penerimaan

Untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja, aspek pertama dan terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana Anda menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Anda harus merangkul kualitas unik Anda dan mengakui bahwa tidak ada orang yang sempurna. Kesadaran diri akan membantu Anda fokus pada kekuatan Anda. Begitu Anda mengetahui dan menerima sisi diri Anda yang lain, rasa percaya diri Anda akan segera meningkat dalam bekerja.

2. Bahasa Tubuh

Cara kita membawa diri, postur tubuh, kontak mata, dan bahkan jabat tangan sering disepelekan.  Padahal bahasa tubuh kita tidak hanya menunjukkan tingkat kepercayaan diri kita kepada orang-orang di sekitar, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri kita sendiri.

Ketika kita mempraktikkan apa yang kita butuhkan, kita membantu pola pikir kita sendiri. Keyakinan yang kita rasakan membawa energi positif dan kepositifan selalu menarik kepositifan.

3. Gaya Bicara dan Bertutur

Jangan pernah merendahkan diri sendiri. Ketika Anda berbicara dengan pelan atau ragu-ragu atau terus meminta maaf karena berbicara, Anda menurunkan kepercayaan diri Anda dan membiarkan orang lain juga melihat Anda sebagai orang yang lemah.

Bahkan kata-kata atau kalimat tertentu seperti “Saya mungkin salah :, “Saya hanya beruntung” dan lain-lain, semakin menurunkan level percaya diri. Hentikan kebiasaan buruk itu. Terima apresiasi jika Anda berhasil, dan akui bila Anda melakukan kesalahan. Selain itu, ungkapkan setiap pendapat dengan lugas dan tegas. Tak perlu takut dengan perbedaan pandangan karena Anda dan rekan kerja punya latar belakang dan pengalaman yang berbeda, bukan? 

4. Afirmasi dan Visualisasi Positif ke Diri Sendiri

Penting untuk memantau dialog batin Anda. Ganti keraguan diri dengan afirmasi positif. Visualisasikan kesuksesan dalam berbagai situasi dan bayangkan diri Anda dengan percaya diri mengatasi semua rintangan dan tantangan tersebut.

Seiring waktu, latihan ini mengatur ulang otak Anda untuk merespons secara positif pemicu stres. Ini membuat Anda lebih percaya diri dan itu terlihat di tempat kerja.

5. Persiapan adalah Kunci

Pastikan Anda benar-benar mempersiapkan semua rapat, presentasi, atau tugas. Ketika Anda mengetahui materi presentasi dengan baik, itu memperlengkapi Anda untuk merespons secara efektif.

Langkah ini mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Persiapan juga menunjukkan komitmen dan keahlian Anda kepada rekan kerja dan atasan.

6. Anggap Kritik sebagai Peluang untuk Berkembang

Umpan balik, baik positif maupun negatif, sangat berharga untuk pertumbuhan. Banyak orang mengutamakan ego mereka ketika seseorang mengkritik, dan reaksinya pun tidak terlalu bagus. 

Oleh karena itu, alih-alih menerima kritik secara pribadi, anggaplah itu sebagai peluang untuk berkembang. Umpan balik yang konstruktif membantu Anda menyempurnakan keterampilan dan memvalidasi dedikasi Anda untuk peningkatan diri.

Pilihan Editor: Pentingnya Sikap Percaya Diri saat Wawancara Kerja, Simak Saran Psikolog

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."