Metaphor dari Sebastian Gunawan, 91 Busana Glamor, Kaya Warna, hingga Monokrom

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gaun karya Sebastian Gunawan yang ditampilkan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. TEMPO/Febri

Gaun karya Sebastian Gunawan yang ditampilkan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. TEMPO/Febri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer, Sebastian Gunawan merilis koleksi terbarunya bertajuk "Metaphor" baru-baru ini. Sebanyak 91 koleksi yang kental bergaya feminin, ragam warna, corak, siluet, dan sentuhan kemilau ditampilkan di Grand Ballroom Hotel Mulia, pada Selasa, 18 Juli 2023. Menurut sang desainer, koleksi kolaborasi dengan sang istri, Cristina Panarese, itu adalah caranya dalam menerjemahkan kehidupan dalam kiasan.

Perancang busana yang akrab disapa Seba itu menyulap kemelut situasi akibat pandemi COVID-19, menjadi inspirasinya.“‘Metaphor’ adalah kiasan, berawal dari apa yang kita alami di kehidupan setelah pandemi, makanya di koleksi ini ada motif kotak, gelombang, lurus, bulat, dan juga bunga,” tukasnya.

“Bahwa dalam kehidupan itu kita harus melalui keadaan yang tidak menentu,” lanjut pria yang mendapat predikat Asian Couturier Extraordinaire oleh Asian Couture Federation.

Menurut Seba, persiapan koleksi tersebut membutuhkan waktu selama enam bulan dengan beberapa penyesuaian dalam prosesnya.

“Dalam sebuah koleksi, kita pasti melalui masa masa yang sulit, harus mendesain ulang, atau membuat konstruksi yang lebih berbeda satu dengan yang lain, makanya siluetnya macam-macam,” ucapnya dikutip dari Antara, Rabu, 19 Juli 2023.

Gaun karya Sebastian Gunawan yang ditampilkan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. TEMPO/Febri

Peragaan busana atau fashion show pada Selasa malam itu dibuka dengan koleksi gaun pesta sederhana namun tetap menonjol, dengan potongan-potongan lugas bersiluet kotak.

Selanjutnya, para model memamerkan gaun berbentuk gelombang hingga bulat dengan warna-warna lembut seperti hijau, lilac, dan biru. Kemudian deretan model keluar memakai gaun malam dengan sentuhan sequin, aksen bulu, detail belahan paha tinggi atau high slit, punggung terbuka hingga plunging neckline. Ada pula gaun halterneck bercorak bunga-bunga yang flowy.

Gaun karya Sebastian Gunawan yang ditampilkan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. TEMPO/Febri

Dari koleksi-koleksi penuh warna, peragaan busana beralih ke sequence warna gelap. Sejumlah model memakai busana hitam berupa gaun mini, jumpsuit, hingga coat panjang. Ada pula sejumlah gaun sequin emas dan perpaduan hitam dengan emas.

Ragam busana monokrom di koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024 bertajuk Metaphor. CANTIKA/Silvy Riana Putri

Kemudian dihadirkan sedret gaun berhias sequin warna-warni seperti mozaik. Ragam warna tersebut berpadu manis dan anggun dikenakan model.

Model memperagakan busana dari desainer Sebastian Gunawan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. Koleksi METAPHOR terdiri dari gaun cocktail dress, hingga evening dress yang menggunakan bahan seperti silk crepe, taffeta, jacquard, dan tulle dengan menggunakan teknik rancangan seperti embroidery, pleats, fringe, frill, dan ornamentasi, sehingga menjadi bahan baru yang indah. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Tak lupa, Seba menghadirkan tiga gaun pengantin bervolume dan megah yang juga menjadi ciri khasnya.

Detail Bahan, Warna, dan Desain Metaphor 

Dari segi bahan, koleksi Metaphor terdiri dari gaun koktail dan gaun malam menggunakan bahan-bahan seperti silk crepe, taffeta, jacquard, dan tulle, dan bahan-bahan yang diberi sentuhan ulang dengan teknik embroidery, pleats, fringe, frill, dan ornamentasi, sehingga menjadi bahan baru yang indah.

Corak bunga atau floral bahan dihiasi lagi dengan tambahan embroidery dan untaian fringe, motif-motif tekstur pada bahan jacquard diberi hiasan beads yang gemerlap, bahan-bahan polos diperkaya dengan ornamentasi dari guntingan-guntingan bahan eco-leather membentuk pola
geometrik. Sentuhan ulang ini bisa dibilang ciri khas desain gaun Sebastian Gunawan
Signature.

Gaun karya Sebastian Gunawan yang ditampilkan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. TEMPO/Febri

Pilihan warna diambil dari spektrum yang luas, dari warna-warna terang seperti kuning, biru, merah, warna-warna elegan seperti hitam dan putih, hingga yang glamor dengan penggunaan bahan-bahan berwarna keemasan.

Bicara soal desain, Metaphor terdiri dari gaun-gaun mini bersiluet pas badan dan flair di sisi bawah dalam bentuk rok-rok bersiluet lonceng yang permukaannya diberi susunan lengkung vertikal. Aksen tersebut membuat siluet rok menjadi dramatis. Bagian atas gaun banyak berpotongan halter yang menonjolkan keindahan bahu, namun ada juga potongan bahu-bahu tertutup dengan long coat, cape, jacket, atau sisi lengan bersiluet puff.

Model memperagakan busana dari desainer Sebastian Gunawan saat event anual show bertema METAPHOR di Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023. Koleksi METAPHOR terdiri dari gaun cocktail dress, hingga evening dress yang menggunakan bahan seperti silk crepe, taffeta, jacquard, dan tulle. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Sebagai informasi, peragaan busana Sebastian Gunawan Signature 2023/2024 yang bertajuk Metaphor merupakan rangkaian dari Mulia in Fashion 2023 yang diselenggarakan 18-21 Juli 2023. Selain Seba, desainer Didi Budiardjo, Toton Januar, dan Han Tjien juga memamerkan karya terbarunya.

Pilihan Editor: Keceriaan Pesta Dansa Para Peri Memikat Sebastian Gunawan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."