Hari Anak Nasional 2023, RMHC Indonesia Luncurkan Kampanye Ceriakan Dunianya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Kiri) Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog - Psikolog Klinis - (Tengah) Ratih P. Negara - Head Program Yayasan RMHC. Foto: Dok. RMHC

(Kiri) Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog - Psikolog Klinis - (Tengah) Ratih P. Negara - Head Program Yayasan RMHC. Foto: Dok. RMHC

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDalam rangka Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli 2023, Yayasan Ronald McDonald House Charities atau RMHC Indonesia, organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di Indonesia, meluncurkan kampanye "Ceriakan Dunianya". Kampanye tersebut bertujuan membantu anak-anak mengekspresikan perasaan mereka, khususnya bagi anak-anak yang sakit dan dalam masa perawatan dan pemulihan mereka di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"Sebagai yayasan yang beroperasi di puluhan negara dan berkomitmen penuh terhadap peningkatan kesejahteraan anak, termasuk anak-anak Indonesia, RMHC menghadirkan kesempatan bagi mereka yang sedang dirawat di rumah sakit untuk kembali tersenyum ceria," tutur  jelas Ratih P. Negara, Head Program Yayasan RMHC Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Cantika, Jumat, 21 Juli 2023 dalam siaran pers yang diterima Cantika, Jumat, 21 Juli 2023.

"Melalui kampanye 'Ceriakan Dunianya', kami berharap dapat memberikan kebahagiaan dan dukungan kepada anak-anak yang sedang berjuang melalui masa-masa yang tidak mudah," sambungnya.

Pada Hari Anak Nasional tahun ini, RMHC Indonesia ingin memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengungkapkan perasaan mereka, dengan cara yang paling sederhana melalui menggambar.

"Harapannya, melalui aktivitas ini, kami dapat membantu mereka menciptakan lingkungan yang positif, memberi semangat untuk kesembuhan, dan memberikan dukungan bagi masa depan yang lebih baik," ungkap Ratih.

Manfaat Menggambar bagi Anak-anak secara Psikologis

Menggambar salah satu sarana yang paling mudah untuk dilakukan oleh anak-anak dalam mengekspresikan diri, menyalurkan imajinasi serta menuangkan kehangatan kasih sayang mereka melalui gambar. 

"Dalam pandangan anak-anak, dukungan dari keluarga dan lingkungan sangat penting. Saat mereka menjalani perawatan, mereka sering kesulitan untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka. Melalui kegiatan gambar-menggambar bersama RMHC Indonesia, RMHC membantu mereka mengekspresikan perasaan bahagia bersama keluarga dan orang terdekat, yang menjadi sumber inspirasi," kata Psikolog klinis Anna Surti Ariani.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Fokus pada Pemenuhan Hak Anak-anak

Menurut Anna Surti, kegiatan menggambar membantu meningkatkan kondisi emosional anak-anak selama masa perawatan, sehingga mereka merasa lebih baik dan terdukung.

Masa kanak-kanak identik dengan semangat mempelajari hal-hal baru dan kebebasan untuk bermain. Dalam situasi perawatan, anak-anak memerlukan perhatian dan dukungan dari lingkungan terdekat, terutama keluarga.

RMHC Indonesia mengakui bahwa kehadiran dan kedekatan keluarga menjadi sumber kebahagiaan dan dukungan yang memperkuat mereka untuk tetap optimistis menghadapi tantangan tersebut. Keluarga bukan hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman yang turut mendukung proses pemulihan.

Dalam menjalankan kegiatan ini, RMHC Indonesia pun berkomitmen untuk menjaga kebersamaan dengan keluarga sebagai salah satu esensi didirikannya yayasan.

Program RMCH Indonesia

Sebagai informasi, Yayasan RMHC Indonesia memiliki empat program utama, yaitu Ronald McDonald House (RMH), Ronald McDonald Family Room (RMFR), Ronald McDonald Care Mobile (RMCM), serta Grant Immunization. Program-program tersebut memberikan dukungan dan perawatan yang holistik bagi anak-anak yang membutuhkan, serta untuk menjaga kebersamaan keluarga selama masa perawatan di rumah sakit.

Yayasan RMHC adalah lembaga nirlaba yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2011 dan memiliki manajemen terpisah (independen) dari McDonald’s Indonesia. Yayasan ini menaruh perhatian pada masalah kesehatan dan perbaikan kualitas hidup anak Indonesia.

Pilihan Editor: 3 Kegiatan Seru di Museum MACAN untuk Rayakan Hari Anak Nasional 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."