Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri? Simak Tips Mencintai Diri Sendiri Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
ilustrasi cinta valentine (pixabay.com)

ilustrasi cinta valentine (pixabay.com)

IKLAN

6. Jangan Menilai Diri Berdasarkan Pendapat Orang Lain 

Sangat mudah terjebak dalam pendapat orang lain, tetapi penting untuk diingat bahwa pikiran dan perasaan mereka tentang Anda tidak menentukan nilai pada diri Anda. Setiap orang memiliki nilai, keyakinan, dan perspektif yang berbeda, jadi cobalah untuk tidak menganggap apa yang mereka katakan masuk ke hati.

Pada akhirnya, hanya Anda yang paling mengenal diri sendiri dan memiliki kekuatan untuk memutuskan bagaimana Anda ingin menjalani hidup.

7. Hadapi Stigma

Jika Anda merasa kewalahan atas keraguan diri atau insecure karena stigma, penting menemukan cara mengatasi hal tersebut. Ini bisa berarti terhubung dengan orang lain yang memiliki pengalaman serupa, belajar tentang hak-hak Anda sebagai anggota kelompok yang terbuang, dan membuat perubahan dalam kelompok.

Ingatlah bahwa Anda mampu mengatasi permasalahan apa pun dalam perjalanan Anda, dan Anda memiliki kekuatan untuk membuat kemajuan di situasi yang Anda hadapi.

8. Identifikasi Kelebihan Diri

Ketika kepercayaan diri Anda rendah, hal-hal baik tentang Anda mudah disepelekan. Anda mungkin mengabaikan kelebihan diri  Anda dan fokus pada kelemahannya. Oleh karena itu, penting untuk merefleksikan keterampilan, bakat, dan pencapaian Anda.

9. Berlatih Self-Talk Positif

Cara Anda berbicara kepada diri sendiri memiliki dampak signifikan pada tingkat kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai seni self-talk yang positif. Seperti mengganti dialog internal yang negatif dan merugikan diri sendiri dengan pernyataan mendukung, contohnya, "Hari ini, saya dapat menangani apa pun yang terjadi karena saya mampu dan pantas."

10. Latih Self-compassion

Self-compassion menunjukkan kebaikan dan perhatian pada diri sendiri ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Michelle Landeros, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di Therapist Pages memberikan saran kepada klien: "Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sendirian saat merasa tidak mampu atau tidak berharga. Setiap orang memiliki saat-saat insecure dan keraguan, dan kurangnya kepercayaan tidak membuat Anda tidak mampu atau berharga." dilansir dari laman Very Well Mind, 5 Juli 2023

11. Memaafkan diri sendiri 

Tidak ada manusia yang sempurna, dan itulah hal pertama yang harus diterima. Kekurangan tidak bisa dihilangkan; mereka adalah bagian dari apa yang membuat unik. Alih-alih malu, cintailah kekurangan Anda. Akui bahwa tekanan yang diberikan masyarakat kepada kita untuk menjadi sempurna adalah tidak adil dan tidak realistis.

12. Kelilingi Diri Anda dengan Hal Positif

Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang mendukung dan menyemangati Anda sangat penting untuk membangun self-love dan kepercayaan diri. Carilah hubungan yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan hindari hubungan yang membuat Anda sedih atau negatif.

13. Temui Terapis

Terkadang, praktik perawatan diri dan afirmasi positif tidak cukup untuk mengatasi masalah yang lebih dalam tentang kepercayaan diri yang rendah. Di sinilah terapi bisa sangat membantu. Seorang terapis berlisensi dapat membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin berkontribusi pada kurangnya kepercayaan diri Anda dan memberi Anda bantuan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Ini hanya beberapa tip untuk mencintai diri sendiri dan membangun kepercayaan diri. Jangan takut untuk mencari bantuan jika diperlukan. Baik itu berbicara dengan teman, keluarga atau mencari bantuan profesional dari terapis atau konselor, mempunyai dukungan dapat membuat perbedaan besar dalam membantu Anda mengembangkan rasa cinta pada diri sendiri.

Pilihan Editor: Cerita Ria Ricis jadi Ibu Baru, Fokus pada Mencintai Diri Sendiri Lebih Dulu

AN NISA RISTIANTI | VERYWELLMIND

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."