15 Tanda Mantan Tidak Pernah Mencintaimu, Gaslighting dan Tidak Respek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita patah hati atau putus cinta. Freepik.com

Ilustrasi wanita patah hati atau putus cinta. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cinta memiliki kekuatan untuk membuat kita merasa dihargai dan aman. Namun, tidak semua hubungan dibangun di atas kasih sayang yang tulus. Mungkin ada tanda-tanda yang muncul bahwa mantan Anda tidak pernah benar-benar mencintai Anda. Terkadang kita menemukan diri kita terjerat dalam jaring harapan palsy, membuat kita mempertanyakan ketulusan hubungan dari masa lalu kita. 

Berikut tanda mantan pasangan ternyata tidak pernah mencintai kamu: 

1. Kurangnya Empati

Salah satu tanda pertama bahwa mantan Anda tidak peduli adalah bila secara konsisten menunjukkan kurangnya empati terhadap perasaan Anda. Mereka sering mengabaikan atau meremehkan yang kita rasakan. Mereka jarang berusaha memahami emosi atau memberikan perasaan nyaman selama Anda melalui masa-masa sulit. Seolah-olah mereka lebih mementingkan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri, membuat Anda merasa tidak didengar dan tidak valid.

2. Manipulasi Emosi

Umumnya mereka sering menggunakan taktik manipulatif untuk mengendalikan emosi atau tindakan Anda. Gaslighting, rasa bersalah, dan memainkan pikiran pasangan adalah kejadian umum dalam sebuah hubungan. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kekuasaan dan kendali atas diri Anda daripada menjalin hubungan yang sehat dan setara.

3. Kasih Sayang Berubah-ubah

Perasaan Anda sering ditarik ulur kecuali bila Anda berhasil memenuhi harapan atau tuntutan tertentu. Seolah Anda harus selalu membuktikan nilai Anda untuk mendapatkan kasih sayang dan perhatian mereka. Cinta mereka tidak diberikan secara bebas tetapi lebih bergantung pada pemenuhan kriteria mereka yang selalu berubah, membuat Anda merasa tidak aman dan tidak terpenuhi.

4. Tidak tertarik pada Hidup yang Kamu Jalani 

Kurangnya minat untuk mengetahui kehidupan Anda di luar hubungan, merupakan tanda bahwa mantan tidak memiliki rasa cinta. Mereka jarang bertanya tentang impian, saran, atau hobi Anda, dan percakapan sering berkisar seputar pengalaman dan minat mereka sendiri. Rasanya seolah-olah mereka melihat Anda lebih sebagai aksesori daripada pasangan yang pantas mendapatkan perhatian yang tulus.

5. Tidak ada Dukungan

Ketidakmauan mereka untuk memberikan dukungan tulus selama masa-masa sulit adalah ketika Anda sadar bahwa mantan tidak pernah mencintai Anda. Ini menunjukkan kurangnya empati dan kemauan mereka untuk selalu ada untuk Anda. Mereka akan tampak cuek dan tidak peduli alih-alih memberikan kenyamanan.  

6. Melewati Batasan

Mantan Anda sering melewati batas ketika bersama, menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap diri Anda. Mereka mengabaikan permintaan, melanggar privasi, atau mendorong Anda ke dalam situasi yang tidak nyaman. Hal itu menunjukkan kurangnya pertimbangan terhadap perasaan Anda dan merusak pondasi kepercayaan dalam hubungan tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."