4 Makanan dan Minuman Ini Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gula putih, gula coklat, dan gula kayu manis. pixabay.com/Ulleo

Ilustrasi gula putih, gula coklat, dan gula kayu manis. pixabay.com/Ulleo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan berfungsi memelihara fungsi tubuh, memberi energi, juga melindungi diri dari kuman dan infeksi berbahaya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, ada sejumlah makanan dan minuman yang menurunkan imunitas. Ada yang memicu peradangan hingga meningkatkan kadar gula darah. Berikut ini makanan dan minuman yang bisa menurunkan daya tahan tubuh alias imunitas.

1. Gula

Makan terlalu banyak gula dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sebab gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama banyak penyakit. Gula juga dapat menekan sel sistem kekebalan Anda, yang membantu tubuh Anda dengan menyerang virus dan bakteri.

Ingat, gula yang kita konsumsi tidak hanya seperti gula putih atau aren, tapi gula juga ada di dalam saus tomat dan minuman olahraga. 

2. Minuman Alkohol 

Minum alkohol secara berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Salah satu contohnya adalah paru-paru Anda. Ini dapat memengaruhi sel-sel kekebalan yang melindungi paru-paru Anda, dan juga mengurangi kemampuan untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru Anda.

Minuman alkohol juga dapat mengganggu kemampuan tubuh memproduksi sel darah putih, yang bertanggung jawab melindungi tubuh dari infeksi.

3. Daging Olahan

Daging olahan termasuk makanan yang menurunkan imunitas, jika dikonsumsi berlebihan. Apa iu daging olahan? Yaitu daging yang diawetkan dengan pengawetan, pengasinan, pengasapan, pengeringan atau pengalengan, contohnya sosis, hot dog, dan salami.

Daging olahan seringkali tinggi lemak jenuh, natrium, serta bahan kimia yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selalu disarankan untuk makan daging segar yang diperoleh dari toko daging lokal yang higienis.

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan dapat menyebabkan gula darah Anda melonjak. Ini dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, melemahkan sistem kekebalan Anda. Karbohidrat olahan termasuk roti putih, keripik kentang, hingga sereal sarapan.

5. Kopi

Terlalu banyak minum kopi dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap mineral seperti zat besi dan kalsium. Mineral ini penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Terlalu banyak konsumsi kafein juga dapat mengganggu pola tidur Anda, yang lama-kelamaan dapat menurunkan imunitas.

Pilihan Editor: 4 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Ginseng hingga Bawang Putih

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."