Eksim pada Orang Dewasa: Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

Ilustrasi kulit gatal (Pixabay.com)

IKLAN

Tips Mengatasi Eksim Saat Dewasa

Mengelola eksim sebagai orang dewasa berarti berfokus pada melembapkan kulit dengan benar, mengelola pemicu, dan bersikap lembut pada kulit Anda, menurut American Academy of Dermatology. Meskipun eksim tidak dapat disembuhkan, seringkali dapat dikelola melalui langkah-langkah berikut:

1. Kelola Kondisi yang Mendasari

Biasanya orang dengan eksim juga memiliki alergi musiman dan makanan, kata Dr. Ansell. Mengobati alergi musiman dengan antihistamin dapat membantu mengendalikan gejala. Dokter Anda dapat menyarankan antihistamin, yang juga dapat berdampak baik pada eksim Anda.

2. Gunakan Produk dengan Ceramides

"Ceramides adalah lemak yang biasanya hilang pada kulit yang rawan eksim," kata Dr. Ansell. Krim yang mengandung ceramide membantu mengisi pelindung kulit.

    3. Ketahui Pemicunya

    Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, jadi mempelajari apa yang menjadi pemicu Anda dan menghindarinya adalah kunci untuk memperbaiki gejala eksim Anda. Pemicunya bisa berupa cuaca panas atau dingin, deterjen, makanan tertentu, parfum, produk perawatan kulit, stres, dan lainnya. 

    "Stres terutama dapat memperburuk gangguan peradangan," kata Harry Dao, Ketua Dermatologi di Universitas Loma Linda.

    Teknik pengurangan stres mungkin tidak menyembuhkan eksim, tetapi harus mampu menenangkan gejala sampai taraf tertentu dan membantu pasien mengelola eksim mereka dengan cara yang lebih produktif, tambahnya.

    4. Melembapkan dengan Minyak Mandi

    Dr. Moore menyarankan untuk menambahkan minyak mandi seperti Aveeno Shower and Bath Oil atau Eucerin Skin Calming Body Wash ke dalam air mandi. "Menambahkan minyak mandi ke air mandi dapat membantu menenangkan kulit yang kering dan gatal," katanya.

    Kapan Harus Menemui Dokter

    Apakah Anda terkena eksim secara tiba-tiba, atau sudah mengalaminya sejak kecil, eksim dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Jika Anda telah mencoba pengobatan rumahan dan masih mengalami rasa tidak nyaman yang terkait dengan eksim, mungkin sudah waktunya untuk menemui dokter. Gejala terus-menerus yang tidak membaik dengan penggunaan produk yang dijual bebas harus dilihat oleh penyedia medis.

    "Seringkali dalam dermatologi, kami mengatakan bahwa rasa gatal jauh lebih buruk daripada rasa sakit," kata Dr. Dao. Itulah mengapa penting untuk mendiagnosis eksim dan membantu mengobatinya untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

    Pilihan Editor: 4 Aturan Mencuci Baju untuk Penderita Eksim, Agar Tidak Memicu Gatal dan Kemerahan 

    WIDYA FITRIANINGSIH | LIVESTRONG

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Halaman

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."