Jenis Buah-buahan yang Bisa Dikonsumsi untuk Menu Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi makan buah-buahan. Shutterstock

Ilustrasi makan buah-buahan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti yang diketahui, kebanyakan orang ketika memilih menu sahur yang dikonsumsi adalah nasi. Tanpa nasi, perut tidak akan kenyang. Namun, Anda bisa mencoba mengganti nasi dengan sumber karbohidrat dengan buah-buahan.

Jenis buah-buahan apa saja yang dapat dikonsumsi, berikut dari berbagai sumber: 

1. Pisang

Buah yang terkenal dengan warna kuning dan hijau ini memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 26,95 gram. Jika satu piring nasi 100 gram, maka Anda dapat mengkonsumsi sebanyak satu hingga empat pisang dengan total 107,8 gram. 

2. Apel

Selain kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan potasium, buah apel dapat dijadikan pilihan untuk pengganti nasi. Ukuran normalnya, Apel memiliki 25,13 gram. Sama dengan buah pisang, jika Anda ingin makan buah Apel, ambilah satu sampai empat buah. Totalnya 100,52 gram. 

3. Pepaya

Kandungan buah pepaya seperti vitamin C, Vitamin E, beta karoten, anti oksidan, karotenoid juga cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Sebab, kandungan air yang tinggi pada pepaya dapat mengeyangkan perut serta tidak mudah dehidrasi

Namun, apa dampaknya jika tubuh tidak mengkonsumsi nasi? 

Nasi merupakan sumber energi bagi tubuh. Ketika mengkonsumsi nasi akan berubah menjadi glukosa kemudian berubah menjadi glikolisis. Dari itu, akan berubah kembali menjadi insulin. Sama seperti halnya buah-buahan. Buah-buahan yang mengandung gula akan diproses menjadi sumber karbohidrat.

Tentunya, ini kembali ke kondisi tubuh masing-masing. Jika memang tubuh kuat untuk sahur dengan buah-buahan dapat diterapkan, agar puasa juga dapat berjalan lancar. 

Pilihan Editor: Kreasi Resep Menu Sahur ala Vegetarian, Jamur Crispy dan Gyoza Isi Sayur

 SITI RISKA UMAMI | S. DIAN ANDRYANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."