Musim Hujan Tetap Perlu Eksfoliasi Wajah, Cegah Kulit Kering dan Sensitif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMusim hujan kerap terasa dingin di kulit, tetapi cenderung membuat kulit kering. Namun, rutinitas pengelupasan kulit merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Jadi haruskah kita terus melakukan eksfoliasi wajah selama musim hujan atau dingin? Chytra Anand, seorang dokter kulit kosmetik selebriti, memposting video — sebagai bagian dari seri tips perawatan kulit musim dinginnya — di Instagram-nya yang menjawab pertanyaan ini.

Dalam video tersebut, dia mengklaim bahwa kita harus terus melakukan eksfoliasi di musim dingin, meski dengan hati-hati. Exfoliant aktif berbasis enzim. Beberapa contohnya adalah asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, dan asam poli hidroksi.

“Di musim panas, kami melakukan eksfoliasi cukup banyak. Kita harus terus melakukan pengelupasan bahkan di musim dingin, tetapi seminggu sekali. Pastikan Anda melembabkan setelah pengelupasan. Hindari scrub yang keras selama musim dingin. Cari bahan eksfoliasi dengan bahan aman dan pastikan untuk memastikan Anda mengembalikan pelindung kulit," katanya dalam klip.

Tujuan eksfoliasi wajah adalah untuk membersihkan pori-pori kulit, menghilangkan lapisan kulit yang kusam, dan membersihkan tumpukan produk kulit yang kita gunakan. Jenis pengelupasan dan tingkat pengelupasan bervariasi untuk setiap individu sesuai dengan jenis kulitnya, serta cuaca dan iklim tempat Anda tinggal.

Dokter Anil Abraham, dokter kulit yang berbasis di Bengaluru di Abrahams Skin & Hair Clinic setuju bahwa pengelupasan kulit juga penting di musim dingin. “Ini karena kulit kering dan penumpukan kulit mati adalah bagian dari musim dingin. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin ingin mengurangi pengelupasan kulit sekali atau dua kali seminggu. 

Juga, musim hujan atau dingin adalah waktu yang tepat untuk meremajakan kulit karena paparan sinar matahari dan kerusakan lebih sedikit. Bahkan prosedur dermatologis seperti pengelupasan atau mikrodermabrasi memberikan hasil yang bagus. Tapi jangan berhenti menggunakan tabir surya bahkan di musim dingin untuk mendapatkan hasil terbaik, "katanya.

Jadi tanyakan kepada dokter kulit Anda, bukan bibi pemberi pengaruh atau salon Anda atau tetangga yang membantu. Pastikan Anda berdiskusi dengan dokter kulit yang berkualifikasi tentang rutinitas pembersihan pengelupasan kulit yang cocok untuk Anda.”

Baca:  Tren Eksfoliasi Wajah, Mulai dengan Double Cleansing

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."