Mengenal Fitur Baru Instagram Notes, Begini Cara Membuat dan Mengomentarinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan melihat Instagram. unsplash.com/social.cut

Ilustrasi perempuan melihat Instagram. unsplash.com/social.cut

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Fitur baru Instagram Notes dirilis secara global pada Selasa, 13 Desember 2022. Dan, baru bisa digunakan sejak kemarin, Rabu, 14 Desember 2022. Apa itu Instagram Notes? Instagram Notes adalah fitur yang memungkingkan pengguna untuk menuliskan sesuatu, layaknya status, dalam kolom pesan. 

Fitur ini bisa dijawab oleh pengguna lain yang melihat. Namun berbeda dengan Twitter, status singkat ini terbatas hanya 60 karakter yang bisa diisi dengan teks dan emoji.

"Kami mulai meluncurkan Notes, cara baru untuk membagikan pemikiran Anda dan melihat apa yang sedang dilakukan teman Anda. Notes adalah postingan singkat hingga 60 karakter hanya dengan menggunakan teks dan emoji," kata Meta di laman resminya.

Mirip seperti status di BBM, Notes yang dibuat oleh pengguna ini hanya akan bertahan selama 24 jam.

Status ini juga bisa diatur mulai dari siapa yang bisa melihat dan siapa yang bisa membalas.

"Untuk membuatnya, buka bagian atas kotak masuk Anda, pilih pengikut yang Anda ikuti kembali atau orang-orang di daftar Teman Dekat Anda, dan catatan Anda akan muncul di bagian atas kotak masuk mereka selama 24 jam. Balasan atas catatan akan tiba sebagai DM (direct message) di kotak masuk Anda," lanjut Meta.

Menurut Meta, cara kerja fitur baru ini seperti Instagram Stories, di mana Instagram Notes akan ditampilkan di bagian DM dan menghilang dalam 24 jam. Bedanya, pengguna tidak dapat melacak siapa saja yang melihat unggahan ‘notes’ tersebut. 

Nantinya, Instagram Notes yang diposting tidak akan mengirimkan pemberitahuan ke pengikut Anda tetapi unggahan tersebut akan terlihat di bagian DM, sehingga semua orang yang mengikuti Anda memungkinkan mereka untuk melihat dan mengomentari status ‘notes’ Anda. Adapun, balasan dari tiap notes itu akan muncul di DM. 

Lantas, seperti apa cara menggunakan fitur baru Instagram Notes ini? 

Berikut Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram Notes

1. Perbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru di iOS atau Android.

2. Buka aplikasi Instagram.

3. Masuk ke bagian Direct Messaging (DM), di pojok kanan atas, dengan ikon balon pesan.

4. Anda akan melihat bagian di bagian atas halaman yang disebut, 'Notes/Catatan.'

5. Klik tombol “+” untuk menambahkan notes baru.

6. Anda dapat memilih untuk membagikan catatan tersebut dengan “Teman Dekat” atau followers

7. Klik 'Bagikan' untuk memposting catatan Anda.

Mengomentari Notes Teman Instagram juga memberikan kemampuan pengguna untuk mengomentari Notes orang yang dia follow. Meta menuliskan Notes ini akan muncul di bagian atas kotak masuk selama 24 jam.

Cara Mengomentari Fitur Baru Instagram Notes

Mengomentari Notes Teman Instagram juga memberikan kemampuan pengguna untuk mengomentari Notes orang yang dia follow. Meta menuliskan Notes ini akan muncul di bagian atas kotak masuk selama 24 jam. Berikut langkah-langkah untuk mengomentari Notes.

1. Buka aplikasi Instagram

2. Buka menu Direct Messages di bagian atas layar

3. Bagi mereka yang update Notes, maka akan muncul pada lingkaran foto profile pictures mereka seperti bentuk stiker post it. Klik untuk mengomentarinya

4. Tulis pesan pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai klik Send

5. Balasan ke Notes akan hadir ke DM di dalam inbox.

Manfaat Fitur Baru Instagram Notes untuk Bisnis

Jika Anda tidak melihat fitur Instagram Notes di DM, Anda mungkin perlu memperbarui aplikasi. Instagram. Manfaatkan Instagram Notes untuk Pemasaran Produk. Fitur ini bisa menjadi cara untuk berinteraksi dengan komunitas Anda dalam suasana yang lebih dekat. Meskipun ini mungkin bukan tempat utama untuk membagikan status seperti Instagram Stories, tapi ini bisa menjadi sarana sekunder untuk berkomunikasi dengan audiens Anda.

Selain itu, bagi sebuah brand, Instagram Notes yang punya konsep Post-It ini bisa sangat efektif strategi pemasaran. Anda bisa membagikan penawaran atau diskon eksklusif kepada loyal customers yang Anda percayai. 

Notes Cikal Bakal Menyaingi Twitter?

Dikutip dari Channel News Asia, Meta menjelaskan dalam unggahan di situs webnya, selama pengujian, perusahaan itu mengetahui orang-orang menyukai cara yang ringan dan mudah untuk membagikan isi pikirannya dan memulai komunikasi.

Notes juga memberikan setiap pengguna cara yang santai juga spontan untuk mengekspresikan diri dan terhubung satu sama lain, sehingga tetap berkomunikasi.

Meta juga mempertimbangkan untuk mengubah Instagram Notes yang telah diuji selama berbulan-bulan menjadi saingan Twitter. Itu bertujuan untuk memanfaatkan kekacauan di Twitter setelah akuisisi Elon Musk. Perusahaan pun telah mempertimbangkan Notes harus menjadi aplikasi mandiri atau fitur baru dalam Instagram. Namun, untuk sekarang, agaknya Instagram meluncurkan Notes sebagai fitur baru. 

Apakah sahabat Cantika sudah mencoba fitur baru Instagram Notes?

BISNIS | TEMPO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."