Alasan Mengapa Makan Kimchi Bisa Mengatasi Eksim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kimchi bagian dari diet orang Korea (Pixabay)

Kimchi bagian dari diet orang Korea (Pixabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan kimchi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya menjaga kesehatan usus, makan kimchi juga berkhasiat meredakan eksim berkat kandungan bakteri asam laktat di dalamnya.

Bianca Tamburello, ahli diet menjelaskan bahwa jika bakteri jahat di usus meningkat, maka sistem kekebalan bereaksi lewat peradangan, sehingga menyebabkan ruam dan gejala eksim seperti gatal. Hal itu juga diungkap dalam review yang diterbitkan dalam jurnal Microorganisms tahun 2021, yakni penderita eksim sering kali memiliki jumlah bakteri jahat yang lebih banyak ketimbang bakteri baik di ususnya, dan bakteri di ususnya kurang beragam secara keseluruhan. 

Berkaca dari kondisi tersebut, makan kimchi yang kaya kandungan probiotik bisa meringankan gejala eksim sekaligus menjaga kesehatan usus. 

Sependapat dengan Tamburello, dokter kulit bersertifikat Dendy Engelman, mengungkapkan kimchi dan makanan fermentasi lainnya yang mengandung probiotik, seperti asam laktat, dan vitamin dari fermentasi diketahui memiliki efek imunostimulasi. Apa itu? Yakni efek yang membantu mencegah bakteri jahat di saluran pencernaan dan meningkatkan bakteri baik, sehingga dapat membantu melawan penyakit infeksi dan atopik.

Engelman menambahkan bahwa bakteri asam laktat kimchi juga bersifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko eksim yang gatal dan tidak nyaman.

Ada beberapa penelitian solid yang mendukung kekuatan kimchi melawan eksim. Pertama, Tamburello mengutip studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Preventive Nutrition and Food Science.

“Para peneliti menemukan bahwa enam strain bakteri asam laktat dalam kimchi membantu meringankan gejala eksim pada tikus,” ujarnya.

Lebih signifikan lagi, pada penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2017 dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition terbukti peserta yang rutin makan kimchi berdampak pada dermatitis atopik, jenis eksim paling umum, menurukan gejala yang dialaminya.

Di penelitian yang melibatkan 7.222 orang antara usia 19 dan 49 tahun, para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi 85 hingga 158 gram kimchi per hari “secara signifikan memengaruhi dermatitis atopiknya menjadi lebih rendah." Faktanya, mereka yang makan kimchi dalam kisaran tersebut memiliki 32 persen lebih rendah dermatitis atopik dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 36 gram kimchi setiap hari, atau tidak sama sekali.

Porsi Makan Kimchi untuk Atasi Eksim

Sebagai referensi, 150 gram kimchi sama dengan kira-kira satu cangkir. Jadi, cobalah untuk menargetkan lebih dari setengahnya per hari (minimal) jika tujuan kamu untuk meredakan gejala eksim.

“Mengonsumsi beberapa porsi kimchi sehari telah dikaitkan dengan efek perlindungan terhadap eksim dan mengurangi kemungkinan eksim berkembang," ungkapnya.

Selain itu, Tamburello menyebutkan pentingnya memilih kimchi yang baik untuk mendukung usus dan kulit.

“Pastikan untuk makan kimchi yang mentah dan tidak dipasteurisasi untuk memperoleh kandungan probiotik maksimum dan manfaat melawan eksim. Sebab panas membunuh bakteri sehat dalam kimchi. Jadi, kimchi yang dipasteurisasi tidak akan memiliki manfaat melawan eksim,” jelasnya.

WELL+GOOD

Baca juga: 6 Manfaat Kimchi, Menjaga Kesehatan Usus hingga Mata

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."