Cara Menukar Uang Asing di Money Changer Ayu Masagung, Nyaman dan Cepat Prosesnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Suasana sejumlah nasabah menukar uang asing di Money Changer Ayu Masagung, Jakarta Pusat, pada Senin, 28 November 2022. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Suasana sejumlah nasabah menukar uang asing di Money Changer Ayu Masagung, Jakarta Pusat, pada Senin, 28 November 2022. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi yang berencana bepergian keluar negeri, menukar uang asing adalah salah satu persiapan yang dijalani. Tempat penukaran uang rupiah ke negara asal tujuan atau sebaliknya alias money changer Ayu Masagung salah satu pilihannya di kawasan Jakarta Pusat.

Money changer tersebut berada di dalam toko buku Gunung Agung, mengingat merupakan anak perusahaan dari toko Gunung Agung yang berdiri pada 1953. Lokasinya berada di jalan Kwitang, Jakarta Pusat. Jika kamu datang dari arah Pasar Senen, toko buku Gunung Agung berada di sisi kiri kamu. Bila kamu datang dari arah Gambir atau Cikini, toko buku tersebut berada di sisi kanan, jadi kamu harus putar balik. Lantas seperti apa cara menukar uang asing di Ayu Masagung? Berikut pengalaman Cantika baru-baru ini.

Cara Menukar Uang Asing di Ayu Masagung

Baca Juga:

1. Setibanya di Ayu Masagung yang berada di lantai 2 toko buku Gunung Agung, kamu akan disambut oleh satpam yang menyapa dengan hangat. Ia kemudian akan memberikan nomor antrean dua rangkap dari mesin, lalu mempersilakan kamu duduk di area tunggu. 

2. Di area tunggu terdapat 15 kursi berwarna merah. Perhatikan pergerakan nomor antrean dan loket di layar televisi yang ada. Atau kamu juga bisa menyimak panggilannya.

3. Setibanya di depan teller, para petugas yang ramah akan menanyakan kebutuhan kamu, ingin menukar uang rupiah ke negara tertentu, atau sebaliknya. Mereka juga akan menginfokan nominal kurs jual atau beli di hari itu. 

Baca Juga:

4. Setelah itu, petugas teller akan berhitung dan menyampaikan jumlah yang kamu peroleh. Kamu juga bisa meminta pecahan nominal yang diinginkan. Jika ketersedian nominal tersebut tak mencukupi, mereka akan menginfokan.

5. Kemudiah kamu menyerahkan uang ke petugas. Setelah itu, mereka akan menyerahkan bukti perhitungan dan meminta tanda pengenal kamu, KTP untuk penduduk Indonesia atau paspor untuk warga negara asing, untuk pengecekan data.

6. Setelah itu, kamu diminta duduk kembali. Tak lama proses pengecekan data dan persiapan uangnya, kurang dari empat menit kamu akan dipanggil kembali dengan menyebut nama kamu. 

7. Begitu tiba di depan teller lagi, mereka akan mengkonfirmasi ulang nama kamu, jenis uang asing yang diinginkan, dan jumlahnya. Setelah kamu merespons informasi tersebut, akan diminta menandatangani dua berkas dan mengembalikan tanda pengenal kamu. Lalu, uang asing tersebut dimasukkan ke dalam amplop warna coklat. 

8. Selain memperhatikan sederet cara menukar uang asing, perhatikan pula jam operasionalnya. Pada hari Senin hingga Jumat, Ayu Masagung buka dari pukul 9 pagi hingga 6 sore. Di hari Sabtu, jam operasionalnya mulai dari pukul 9 pagi hingga 3 sore. Di hari Minggu, mereka tutup.

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."