Apa Itu Thrifting? Pengertian, Tips dan trik Juga Manfaatnya

Ilustrasi Ilustrator fashion (pixabay.com)

mode

Apa Itu Thrifting? Pengertian, Tips dan trik Juga Manfaatnya

Selasa, 1 November 2022 15:43 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat ini di kalangan anak muda ramai dengan istilah thrifting atau baju thrift. Baju thrift adalah baju bekas dari berbagai macam brand sampai baju yang bernuansa vintage yang diimpor dari luar negeri dan memiliki kualitas seperti baju yang ada di mall atau butik. 

Dengan membeli dari hasil thrifting, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang seperti kamu membeli baju di mall. Lalu apa itu thrifting? Bagaimana hal ini menjadi trend yang digemari oleh banyak orang hingga saat ini sudah banyak toko-toko online yang menjual baju thrift dengan modal yang sedikit dan omset yang besar. 

Berikut informasi mengenai pengertian thrifting, serta tips dan trik cara memilihnya.

Pengertian Thrifting

Thrift artinya penghematan dalam kamus Bahasa Inggris. Istilah itu bisa diartikan dengan memperhatikan penggunaan uang sehari-hari untuk menghindari adanya pemborosan. Sedangkan thrifting adalah kegiatan berbelanja barang bekas yang masih layak dipakai untuk digunakan kembali.

Istilah thrifting ini dilatarbelakangi kejadian pada abad ke-19 yaitu adanya revolusi industri, mass-production of clothing yang merubah cara pandang tentang sebuah pakaian. Pada masa itu, pakaian sangat murah sehingga masyarakat menjadi konsumtif dan hanya memakai baju sekali pakai lalu membuangnya, hal itu menjadikan banyaknya limbah yang menumpuk. 

Sehingga pada tahun 1897 di Amerika, terdapat sebuah shelter bagi yang ingin mendonasikan bajunya untuk dipakai kepada orang yang kurang mampu. Karena baju thrift ini semakin banyak diminati dan berkembang akhirnya mulai diperjualbelikan hingga sekarang di Indonesia pun juga banyak peminatnya. 

Berikut tips dan trik cara memilihnya agar kalian bisa mendapatkan baju dengan kondisi masih bagus, branded dengan harga miring.

Tips dan Trik Thrifting

1. Melakukan Riset

Tips yang pertama dilakukan sebelum membeli baju thrift adalah dengan melakukan riset. Riset tempat thrift yang kamu kunjungi di ulasan social media, saat ini sudah banyak yang memberikan tempat rekomendasi untuk thrifting. 

Bagi yang ingin berbelanja online, seperti biasa bisa melihat juga review bintang dan foto kondisi dari barangnya ya. Jangan sampai baju yang kalian inginkan ternyata terdapat noda yang tidak bisa dihilangkan atau ada yang robek.

2. Tawar Menawar

Tips selanjutnya, menawar dengan harga yang wajar dan sepantasnya, tidak terlalu rendah atau tinggi. Intinya yang membuat anda dan juga penjual juga sama-sama untung. Kesabaran dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam melakukan thrifting secara langsung karena biasanya baju-bajunya menumpuk dijadikan satu dan teliti melihat kualitas barangnya juga. 

3. Jangan Bertanya Soal Kualitas Barang

Catatan yang paling penting adalah jangan menanyakan kualitas barang atau menanyakan brand tertentu saat sedang menawar, apalagi kalau kalian belum terlalu paham soal brand dan ternyata penjual lebih mengerti, bisa-bisa harga baju yang kalian pilih akan dinaikkan atau sialnya kalian mendapat baju branded KW.

4. Mencuci Baju Hasil Thrift

Perlu diperhatikan juga, setelah membeli baju thrifting ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena pakaian tersebut biasanya ketika diimpor hanya ditaruh di dalam karung bersama tumpukan baju lain dan sudah pasti tidak higienis.

Manfaat Thrifting

Setelah mengetahui pengertian thrifting sampai tips dan trik cara membeli baju thrifting, berikut merupakan manfaat yang anda dapatkan jika melakukan thrifting.

Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Karena setiap tahunnya jumlah limbah tesktil terus meningkat dan tentu saja hal ini membuat lingkungan tercemar. Untuk itu apabila kamu membeli baju thrifting maka kamu secara langsung dapat membantu mengurangi limbah tekstil yang ada dan tentunya menjaga lingkungan. 

Menghemat Pengeluaran 

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin berpenampilan stylish layaknya fashionista. Cukup dengan mencari baju di thriftshop, kamu sudah bisa mendapatkan baju yang modis sesuai selera.

Mendapatkan Barang Branded dengan Harga Murah

Manfaat lainnya yaitu kamu  mendapatkan barang dari brand ternama dengan harga yang jauh lebih murah daripada di storenya. Namun diharap untuk sabar dan juga teliti dalam memilih agar mendapat kualitas barang yang masih bagus dan layak digunakan ya.

Itulah rangkuman soal thrifting dari mulai pengertian serta tips, trik dan juga manfaatnya versi cantika, semoga dapat membantu kamu dalam berbelanja.

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA RUDIANTO | BERBAGAI SUMBER