Obat Pilek Alami untuk Dewasa, dari Sup Ayam Hingga Madu dan Jahe

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi sup ayam. Pixabay.com/Jason Goh

Ilustrasi sup ayam. Pixabay.com/Jason Goh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Efek musim pancaroba belakangan ini membuat fisik menjadi lebih rentan terhadap penyakit, terutama pilek. Kombinasi rasa sakit tubuh, demam, kedinginan, dan hidung tersumbat bisa cukup membuat siapa pun menderita.

Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat meringankan gejala Anda dan membuat Anda kembali normal. Jika Anda masih merasa sakit setelah beberapa minggu, buatlah janji dengan dokter Anda. Dan jika Anda mengalami kesulitan bernapas, memiliki detak jantung yang cepat, merasa pingsan, atau mengalami gejala parah lainnya, dapatkan bantuan medis lebih cepat.

Berikut obat pilek alami untuk dewasa yang bisa Anda coba, bila gejalanya mulai terasa:

1. Sup ayam

Sup ayam mungkin bukan obat penyembuh segalanya, tapi ini adalah pilihan tepat saat Anda sakit.Menikmati semangkuk sup ayam dengan sayuran, disiapkan dari awal atau dihangatkan dari kaleng, dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Anda. Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang umum yang membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi. Sup rendah sodium juga memilki nilai gizi yang besar dan membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Jahe

Ilustrasi jahe. Freepik.com

Manfaat kesehatan dari jahe telah disebut-sebut selama berabad-abad, tetapi sekarang kami memiliki bukti ilmiah tentang sifat kuratifnya. Beberapa iris akar jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dapat menangkal perasaan mual yang begitu sering menyertai flu.

3. Madu

Ilustrasi madu. Freepik.com

Madu memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menyarankan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif.

Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun, karena sering mengandung spora botulinum. Meskipun biasanya tidak berbahaya bagi anak-anak dan orang dewasa yang lebih besar, sistem kekebalan bayi tidak mampu melawannya.

4. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih. Pixabay.com/Pam de Butler

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam diet Anda dapat mengurangi keparahan gejala pilek. Menurut beberapa penelitian, itu bahkan mungkin membantu Anda menghindari sakit sejak awal.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang potensi manfaat bawang putih untuk melawan flu. Sementara itu, menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan Anda mungkin tidak ada salahnya.

5. Vitamin C

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh Anda dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain jeruk dan sayuran hijau, dan buah-buahan dan sayuran lainnya, lemon adalah sumber vitamin C yang baik. Menambahkan jus lemon segar ke teh panas dengan madu dapat mengurangi dahak saat Anda sakit. Minum limun panas atau dingin juga dapat membantu.

Meskipun minuman ini mungkin tidak menghilangkan flu Anda sepenuhnya, minuman ini dapat membantu Anda mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mendapatkan cukup vitamin C dapat meredakan infeksi saluran pernapasan atas.

6. Probiotik

Ilustrasi greek yogurt. Freepik.com/Racool_studio

Probiotik adalah bakteri dan ragi "ramah" yang ditemukan di tubuh Anda, beberapa makanan, dan suplemen. Mereka dapat membantu menjaga usus dan sistem kekebalan Anda tetap sehat, dan probiotik dapat mengurangi kemungkinan Anda sakit karena infeksi saluran pernapasan atas.

Untuk sumber bakteri bermanfaat yang lezat dan bergizi, sertakan yogurt probiotik dalam makanan Anda. Selain manfaat potensialnya untuk sistem kekebalan Anda, yogurt adalah camilan sehat yang menyediakan banyak protein dan kalsium. Cari produk yang mencantumkan bakteri hidup pada labelnya.

Baca: 6 Jenis Sarapan untuk Pengidap Asam Lambung, Ada Jahe dan Susu Kedelai

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."