Obat Alami Radang Tenggorokan, dari Madu Hingga Teh Chamomile

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi madu. Freepik.com

Ilustrasi madu. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Radang tenggorokan mengacu pada sakit tenggorokan, gatal, atau iritasi. Sakit tenggorokan adalah gejala utama. Rasa sakitnya mungkin bertambah buruk ketika Anda mencoba menelan, sehingga sulit untuk mengonsumsi makanan dan cairan.

Bahkan jika sakit tenggorokan tidak cukup serius untuk dibawa ke dokter, itu masih menyakitkan dan dapat membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Anda dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk meredakan rasa sakit dan iritasi.

Secara umum, pengobatan yang dibahas di bawah ini dapat membantu meringankan sakit tenggorokan ringan atau khas. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang parah, atau telah berlangsung beberapa hari, ada baiknya Anda membuat janji dengan dokter untuk mendiskusikan gejala Anda.

Berikut obat alami radang tenggorokan yang bisa Anda coba: 

1. Madu

Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat rumah yang umum untuk gejala sakit tenggorokan.

Madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan penekan batuk untuk meredakan batuk pada anak-anak. Dekstrometorfan adalah bahan aktif dalam produk seperti Robitussin dan Delsym.

Para peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dalam menghilangkan gejala daripada beberapa pengobatan tradisional. Obat ini termasuk antibiotik dan antihistamin diphenhydramine.

Sebagai informasi, karena risiko botulisme pada bayi, anak-anak di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsi madu.

2. Air garam

Ilustrasi garam. Shutterstock

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Ini juga dikenal untuk membunuh bakteri di tenggorokan.

Buat larutan air asin dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah dengannya untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih.

Menurut American Osteopathic Association, orang dengan sakit tenggorokan harus melakukan kumur air asin setidaknya sekali dalam satu jam.

3. Kumur soda kue

Sementara obat kumur air asin lebih umum digunakan, berkumur dengan campuran soda kue-air garam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Larutan oral ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

National Cancer Institute merekomendasikan berkumur dengan lembut dengan bahan:

1 gelas air hangat
1/4 sendok teh soda kue
1/8 sendok teh garam

NCI menyarankan untuk menggunakan obat kumur tiga atau empat kali sehari dan menindaklanjuti dengan berkumur dengan air biasa.

4. Teh chamomile

Ilustrasi teh chamomile. Pixabay.com

Teh chamomile yang menenangkan secara alami telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk mengobati sakit tenggorokan. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile mungkin menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Permen mint

Peppermint terkenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi serta beberapa kualitas antibakteri dan antivirus, menurut tinjauan literatur 2019.

Selain itu, peppermint mengandung senyawa mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Meskipun banyak teh peppermint tersedia untuk dibeli, Anda juga dapat membuatnya sendiri. Tempatkan beberapa daun peppermint kering dalam air matang dan biarkan campuran selama beberapa menit. Setelah beberapa menit berlalu, saring teh dan biarkan agak dingin.

Semprotan minyak peppermint encer juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Untuk membuat semprotan, campurkan beberapa tetes minyak peppermint food grade dengan 1 ons minyak nabati, seperti:

minyak zaitun
minyak almond
minyak kelapa lunak
Pada minyak

Jika Anda ingin membuat semprotan minyak peppermint, pastikan untuk menggunakan minyak peppermint yang telah ditetapkan sebagai food grade dan aman untuk penggunaan internal.

Jangan pernah menelan minyak esensial, dan jangan pernah mengoleskannya ke kulit tanpa terlebih dahulu mencampurnya dengan minyak nabati. Ketika digunakan secara topikal seperti dalam aromaterapi, minyak nabati ini dikenal sebagai minyak pembawa.

6. Fenugreek

Ramuan fenugreek tersedia dalam berbagai bentuk. Anda bisa makan biji fenugreek, mengoleskan minyak fenugreek ke kulit, atau minum teh fenugreek. Teh fenugreek adalah obat umum untuk sakit tenggorokan.

Baca: 

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."