5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kelinci. Foto: Unsplash.com/Pablo Martinez

Kelinci. Foto: Unsplash.com/Pablo Martinez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda memelihara kelinci? Jika iya, perhatikan ada sejumlah makanan yang tak boleh dimakan herbivora berbulu dan lucu tersebut. 

Kelinci diketahui mengonsumsi serat dalam jumlah signifikan yang meningkatkan pencernaan mereka, namun saluran pencernaan eksklusif mereka membuat kelinci kecil ini membutuhkan perhatian ekstra saat makan.

Tidak semua jenis sayuran dan buah-buahan cocok untuk kesehatan mereka. Berikut adalah lima makanan yang tidak boleh dimakan kelinci.

1. Yoghurt

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa yoghurt, bahkan tetes yoghurt dapat meningkatkan perkembangan mikroba jahat di usus kelinci, yang juga dikenal sebagai enterotoxemia. Pastikan Anda benar-benar menghindari memberikan yoghurt. Sebagai gantinya, Anda bisa memberi paprika hijau atau kecambah Brussel kepada kelinci Anda.

2. Alpukat

Alpukat diperkaya dengan banyak nutrisi dan merupakan makanan camilan surgawi bagi manusia, tetapi ini sangat dilarang bagi hewan peliharaan satu ini. Kulit, lubang, daun dan daging alpukat mengandung senyawa yang disebut persin.

Zat tersebut sangat beracun bagi kelinci dan dapat menyebabkan kelainan bentuk perilaku serta masalah pernapasan. Dalam kasus yang parah, itu juga dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

3. Cokelat

Cokelat sangat beracun bagi kesehatan kelinci. Makanan penutup favorit manusia yang  manis ini memiliki dua komposit theobromine dan kafein yang dapat dengan mudah membahayakan kesehatan kelinci. Diare, gelisah, terengah-engah, detak jantung tinggi, suhu tinggi, menggeliat, dan masalah menjadi rileks adalah beberapa gejala masalah yang ditimbulkan saat kelinci makan  cokelat.

4. Bawang mentah, daun bawang, bawang putih

Makanan seperti bawang mentah, daun bawang, dan bawang putih mengandung n-propil disulfida, oksidan yang bergabung dengan sel darah merah dan selanjutnya dapat menciptakan kerusakan oksidatif yang mengganggu sel darah merah dalam tubuh kelinci.

Anemia hemolitik adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh masalah tersebut. Gusi pucat, tersandung, lemah, nafsu makan rendah, dan lesu adalah beberapa gejala paling umum dari kondisi ini.

5. Selada

Selada gelap dan berdaun dianggap bagus untuk kelinci, tetapi selada bokor atau iceberg lettuce mengandung lactucarium yang berbahaya bagi kelinci.

Jadi, pastikan Anda tidak memberikan makanan yang disebutkan di atas kepada kelinci Anda dan selalu berkonsultasi dengan dokter hewan yang mengerti kelinci sebelum memasukkan makanan pokok baru ke dalam menu makanan kelinci Anda.

Baca juga: Orang yang Punya Hewan Peliharaan Punya Ingatan Lebih Baik, Kata Penelitian

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."