Menu Lebaran Ayam Goreng Kalasan, Cocok untuk Kumpul Keluarga

Ayam Kalasan, salah satu menu Lebaran selain opor ayam atau rendang/Foto: Doc. Pribadi.

kuliner

Menu Lebaran Ayam Goreng Kalasan, Cocok untuk Kumpul Keluarga

Minggu, 1 Mei 2022 23:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen Hari Raya Idul Fitri 2022 menjadi perayaan yang berbeda sejak dua tahun sebelumnya. Masyarakat selain diperbolehkan mudik juga bisa berkumpul dengan keluarga besar meski dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Biasanya jika sanak keluarga datang kita kerap menghidangkan menu Lebaran yang bisa dinikmati bersama.

Bagaimana kalau tahun ini Anda mencoba masak ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan saat ini bisa disebut sebagai salah satu makanan khas Nusantara, lho. Rasanya yang gurih ditambah dengan tekstur yang empuk membuatnya disukai banyak orang. Meski saat ini menjadi primadona, tetapi masih sedikit yang pernah mencobanya

Salah seorang warganet asal Semarang, Primut Kokoski berbagi resep ayam goreng Kalasan dari keluarganya untuk pembaca Cantika. Simak resepnya berikut ini:

Ayam Goreng Kalasan

Bahan:

4 siung bawang putih2 siung bawang merahAir kelapa1 batang serehGula jawa 1 bulatanPenyedap rasa 1 sdmGaram 1 sendok tehGula pasir 1 sendok teh1 Helai daun seraiDaun salam secukupnyaLengkuas secukupnyaKunyit secukupnyaKemiri 1 buah1 Ekor ayam pejantan yang sudah dipresto (ayam+bawang putih+ketumbar+garam)

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, miri, kunyit 2. Masukkan bumbu halus ke wajan bersama air kelapa. Tambahkan air putih 1 gelas belimbing. 3. Masukkan ayam pejantan yang telah dipresto ke dalam air kelapa yang sudah diberi bumbu. Diamkan hingga air mendidih. 4. Tunggu 1 hingga 2 jam agar bumbu merasuk5. Tuangkan minyak tunggu hingga panas6. Masukkan ayam dan goreng hingga kecoklatan

Sebagai informasi tambahan, menurut Primut yang punya hobi masak sejak kecil ini beda jenis ayam, maka beda waktu pula saat mempresto. Berkat kecintaannya memasak, Primut mencoba membuat hampers Lebaran berupa sajian Ayam Goreng Kalasan yang telah menghabiskan delapan ekor ayam dan 15 paha ayam. 

Baca: 2 Resep Minuman Segar Pelengkap Menu Lebaran, Ada Es Palu Butung