Maudy Ayunda Tampil Anggun dengan Sanggul Tradisional dan Kebaya Kutubaru

Maudy Ayuunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

mode

Maudy Ayunda Tampil Anggun dengan Sanggul Tradisional dan Kebaya Kutubaru

Senin, 21 Maret 2022 05:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan penyanyi, Maudy Ayunda tampil beda saat menghadiri pernikahan Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo, Minggu, 20 Maret 2022 pukul 09.21 WIB di Menteng, Jakarta Barat.

Dalam foto yang diunggah di laman Instagram, Maudy tampak anggun dan ayu dengan kebaya kutubaru dari Didiet Maulana. Kebaya brokat warna merah muda itu dipairing dengan stagen jumputan dan kain jarik warna hitam keemasan. Menariknya, hairdo alumnus Stanford University ini tampak beda dengan sanggul tradisional khas Jawa.

Melansir laman Instagram Didiet Maulana, kebaya menurut modelnya secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu Kebaya Kartini (berpotongan V, model ini sering dipakai oleh Ibu Kartini), dan Kebaya Kutubaru, kebaya dengan potongan bahan yang menghubungkan sisi kanan dan kiri badan.

"Untuk Maudy, kami terinspirasi dari kebaya Kutubaru berpotongan pendek, yang jaman dahulu sering dipakai sebagai busana sehari-hari oleh perempuan Indonesia di beberapa daerah," tulisnya pada Senin, 21 Maret 2022.

Bagian bahan yang menutupi stagen, yaitu Angkin, dibuat dari kain merah marun yang melengkapi tampilan warna segar di pagi hari. Kain dengan latar hitam dan motif bunga dan burung. Aksen yang menarik adalah selendang sutera yang disampirkan di bagian bahu dengan bros dan memakai kalung antik dari tahun 1930an.

Kemudian untuk tatanan hairdo, sasak rambut dibuat rendah, seperti puteri puteri keraton jaman dahulu, dengan hiasan rambut di bagian sanggul, yang dibuat dari rambutnya sendiri.

Penampilan Maudy yang tampak berbeda itu mendapat respons dari para figur publik seperti Arcangela Chelsea, Maudy Koesnadi yang main bareng di film Losmen, Melly Goeslaw, Rossa, dan sederet Makeup Artist kenamaan.

Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo menjadi hari yang sempurna dan istimewa, ditambah para tamu undangan yang hadir dari berbagai kalangan. Termasuk dari pemerintahan Indonesia seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ada pula Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Boediono, dan lainnya.

Sebelumnya Putri Tanjung juga telah mengadakan beberapa prosesi sebelum pernikahan. Seperti halnya pengajian, ia mengenakan busana kebaya putih dengan detail payet yang meriah. Membuatnya tampak anggun dan kalem. Ada pula tambahan veil yang memiliki warna senada denga kebaya yang dikenakan, pada veil yang dikenakannya ini terdapat detail bordir dan payet.

Selain pengajian, Putri juga telah melangsungkan prosesi siraman. Dengan kebaya berwarna merah marun dengan bawahan kain batik perpaduan dari merah dengan motif putih. Dia tampak sangat cantik dengan senyuman yang merekah diwajahnya.

Baca: Maudy Ayunda Buat Program Kepemimpinan Generasi Muda, Kelas Mulai 7 Maret 2022