Selamat! 10 Brand Lokal Akan Unjuk Karya di Ajang Paris Fashion Show

Danjyo Hiyoji Luncurkan Fall/Winter Infast Collection 2020/2021 di Jakarta pada Rabu, 12 Februari 2020. TEMPO/Sarah Ervina Dara Siyahailatua

ragam

Selamat! 10 Brand Lokal Akan Unjuk Karya di Ajang Paris Fashion Show

Jumat, 18 Februari 2022 21:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional atau GEKRAFS kembali dengan kegiatan yang ditujukan untuk membantu ekonomi kreatif. Kali ini dalam sektor fashion. Dengan tajuk GEKRAFS Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022 yang didukung oleh Scarlett, GEKRAFS membawa 10 brand fashion Indonesia untuk unjuk karya di Paris.

Promosi ini dilakukan setelah dua tahun pandemi banyak desainer dan brand Indonesia yang tidak bisa melakukan offline show dan business matching secara langsung untuk menunjukan karya mereka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan ini saatnya kita tampil memberikan potensi dan kemampuan yang kita miliki. Sebab, industri kreatif menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi lokomotif. pemikiran harus cepat berjalan cepat dan tgepat waktu dan sesuai kebutuhan. Salah satunya lewat keterwakilan Indonesia dalam ajang Paris Fashion Week," ucap Sandiaga Uno dalam konferensi pers, Jumat, 18 Februari 2022.

Tujuan mengikutsertakan produk Indonesia ialah untuk mengangkat brand lokal di ajang acara internasional. Baik para pelaku industri fashion, kuliner, dan produk kreatif lainnya. "Agar semakin menguatkan Indonesia yang sudah memiliki sumbangan kontribusi PDB, sudah sampai di posisi 3 di dunia," tambahnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan sambutan saat peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo dan '5G Experience Center' atau pusat layanan teknologi 5G di Gedung Robotika ITS Surabaya, Kamis, 16 September 2021. ANTARA/Didik Suhartono

Sementara itu, Ketua Umum GEKRAFS Kawendra Lukistian mengatakan ingin selalu melakukan langkah nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh pelaku ekonomi kreatif. "Tidak hanya Fashion show, kegiatan GEKRAFS di Paris juga menghadirkan Temporary Store di kawasan 51 rue Turenne Paris dari tanggal 6-16 Maret 2022, hal ini menjadi usaha untuk membuka gerbang retail ataupun b to b untuk brand yang terlibat," ucapnya

“Paris menjadi jendela fashion dunia, brand harus betul-betul memanfaatkan moment ini untuk bisa berjejaring, melihat peluang dan pasar bagi mereka," tambah Ketua Harian DPP GEKRAFS, Temi Sumarlin.

Duta besar RI LBBP di Paris Mohamad Oemar menyambut baik kegiatan ini dan mendukung GEKRAFS Paris Fashion Show 2022 karena bisa menjadi panggung etalase untuk fashion diterima di Paris sebagai kota fashion dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Founder Scarlett Felicya Angelista mengutarakan tertarik ikut ke ajang Paris Fashion Week karena merasa bangga sekali sebagai brand lokal yang memang harus berkolaborasi untuk mengenalkan Indonesia ke kancah internasional.

"Kerjasama dengan para user untuk mempromosikan pariwisata di daerah mereka masing-masing. Unik banget ya fashion kolaborasi dengan skincare. Ditunggu saja, akan surprise seperti apa nanti kolaborasinya," ujar dia.

TWICE menjadi star ambassador produk perawatan kulit Scarlett milik Felicya Angelista (Instagram/@scarlett_whitening)

Dengan hastag yang digaungkan #indonesiabanget #empowerIndonesia, merujuk G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia yang bertema Indonesia empower dan penguatan pemimpin perempuan di sektor swasta. GEKRAFS mendukung produk local go global dan perempuan berkarya di berbagai bidang termasuk fashion.

Acara ini merupakan off schedule dari Paris Fashion Week, seperti yang kita tahu untuk On Schedule hanya didedikasikan untuk local brand Paris, sementara brand di luar Paris wajib membuat pagelaran sendiri dengan standar yang berlaku di Paris Fashion Week.

Sederet fashion people dari brand ternama juga akan hadir seperti dari Guerlain designer director, Cartier director, Miss Europe 2020 dan masih banyak lagi. Adapun brand yang akan fashion show adalah SCARLETT x IKYK, Greenlight x Danjyo Hiyoji, 3 second x Ican Harem, La sabelle x Em En Hair Design , Brand no brand, Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu, Shademulsk , Shade Signature, Deskranasda Banjar Baru, Chayra by Tika Ramlan.

Mereka akan menunjukan Indonesia dari ragam perspektif seperti dari kesenian, budaya, sosial, aritektur, dan makanan. Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan secara Live tayangan fashion show yang akan disiarkan di Instagram @gekrafs pada 6 Maret 2022, pukul 18.00 waktu Paris dan 24.00 Waktu Indonesia.

Baca: Jacquelle dan Ittaherl, Inspirasi Brand Lokal yang Memberdayakan Perempuan