Menjelang Imlek, Sudah Siapkan Camilan yang Bisa Datangkan Hoki Ini?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Imlek. Shutterstock

Ilustrasi Imlek. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hidangan perayaan Imlek selalu identik dengan keberuntungan, panjang umur dan juga kemakmuran, ini tidak hanya berlaku untuk makanan utama saja tapi juga pada camilannya.

Selama perayaan Imlek, setiap keluarga akan menyiapkan berbagai makanan ringan dan buah-buahan, baik untuk keluarga maupun tamu. Camilan ini pun tidak hanya sekadar untuk pelengkap saat berbincang saja tapi juga memiliki arti atau simbol tersendiri untuk tahun baru.

Dikutip China Highlights, berikut ini adalah tujuh camilan Tahun Baru Imlek yang biasa ditemukan saat perayaan Imlek.

1. Kurma Merah
Merah adalah warna keberuntungan di China yang berarti makmur. Kurma merah pun selalu ada dalam acara-acara sukacita termasuk festival, upacara pernikahan, pesta pindahan rumah dan peringatan satu bulan kehidupan bayi.

Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kurma merah disajikan sebagai buah kering. Anda bisa memakannya langsung atau memotongnya untuk dijadikan teh. Kurma merah merupakan sebuah simbol untuk kekayaan dan kemakmuran.

2. Kacang Tanah
Kacang tanah juga disebut "kacang umur panjang” yang melambangkan vitalitas, umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kacang selalu disajikan tanpa kulit.

Ada banyak cara memasak kacang tanah, seperti merebusnya dengan air atau air garam dan menggorengnya. Kacang tanah adalah makanan bergizi dan bisa dimakan mentah. Orang China percaya bahwa memakannya mentah lebih baik.

3. Kelengkeng Kering
Lengkeng kering melambangkan reuni. Ini adalah camilan Tahun Baru Imlek teratas karena makna tersiratnya. Pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa makan lengkeng kering dapat menyehatkan vitalitas seseorang. Biasanya lengkeng kering disajikan tanpa kulit. Anda bisa memakan dagingnya secara langsung atau untuk membuat teh.

4. Biji Bunga Matahari
Dalam budaya tradisional Tiongkok, biji bunga matahari melambangkan dikaruniai banyak anak dan cucu.

5. Permen
Permen melambangkan kehidupan yang manis. Mereka adalah makanan ringan yang sangat diperlukan untuk Tahun Baru China. Makan permen mewakili kejadian manis atau mendapatkan awal yang manis di tahun mendatang.

Beberapa manisan biasanya dikemas dalam kotak emas berbentuk angka keberuntungan atau yuanbao (jenis mata uang Tiongkok Kuno) yang melambangkan kekayaan.

6. Bola biji wijen atau onde-onde
Onde-onde adalah jenis gorengan yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan pasta kacang merah, digulung dalam biji wijen putih, dan digoreng. Mereka renyah di luar dan lembut di dalam. Onde-onde melambangkan tekad yang bulat dan rasa syukur terhadap Sang Pencipta.

7. Kue tambang atau untir-untir
Makanan yang digoreng ini sedikit lebih keras dibanding onde-onde. Kue tambang memiliki makna sebagai reuni.

Baca: Sambut Imlek, Ini 4 Kegiatan Seru dan Positif Bersama Anak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."