Discusshe Hari Ibu: Peran Penting Ibu dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Discusshe Hari Ibu: Apresiasi Perjuangan Ibu di Masa Pandemi oleh Tempo dan Cantika.com pada Kamis, 23 Desember 2021.

ragam

Discusshe Hari Ibu: Peran Penting Ibu dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Desember 2021 09:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perayaan Hari Ibu tahun ini masih dalam bayang-bayang pandemi. Selama itu pula, peran ibu amat diuji. Kita semua harus beradaptasi dengan kondisi yang sama sekali baru. Menerapkan protokol kesehatan, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dan tetap produktif seperti sebelum pandemi.

Tempo bersama Cantika.com menggelar bincang-bincang Hari Ibu dengan tema 'Apresiasi Perjuangan Ibu Mendampingi Anak Selama Pandemi'. Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Niken Widiastuti dan Marketing Head Electrolux Indonesia, Peggy Esther Anastasia menyampaikan bagaimana mereka berperan dalam keluarga sekaligus bekerja di masa pandemi.

"Peran seorang ibu, khususnya di tengah pandemi seperti sekarang tentu sangat besar. Dalam keluarga, ibu akan menjaga putra putri dan anggota keluarganya untuk mematuhi protokol kesehatan. Kita tidak boleh abai karena Covid belum selesai," kata Niken saat acara 'Discusshe: Apresiasi Perjuangan Ibu di Masa Pandemi' yang disiarkan langsung di YouTube Tempodotco dan YouTube Cantikadotcom pada Kamis, 23 Desember 2021.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Niken Widiastuti.

Niken mengatakan peran seorang ibu juga penting dalam mengingatkan hal-hal kecil selama pandemi. Misalkan mencuci tangan, minum vitamin, selalu memakai masker, dan sebagainya. "Kementerian Komunikasi dan Informatika juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Terutama ketika anak atau suami hendak keluar rumah, Niken melanjutkan, ibu yang selalu memperhatikan dan mengingatkan apakah mereka sudah taat protokol kesehatan atau belum. Pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, minum vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagainya. "Ibu selalu multitasking, terlepas apakah itu ibu rumah tangga maupun ibu bekerja," ucapnya.

Marketing Head Electrolux Indonesia, Peggy Esther Anastasia.

Sementara itu, Peggy Esther Anastasia bercerita tentang bagaimana dia menyesuaikan diri di masa pandemi, terutama saat mendampingi anak belajar di rumah dan tak gampang bosan. "Memang tantangan untuk seorang ibu dalam menghadapi pandemi. Keadaan ini memberikan banyak pembelajaran buat ibu karena harus lebih kreatif," katanya.

Seperti diketahui, pandemi membuat orang tak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, ibu harus lebih kreatif dalam membuat kegiatan bersama anak supaya tidak jenuh selama di rumah saja. "Ini menjadi tantangan, terutama bagi ibu yang bekerja di mana dia juga harus membagi waktu untuk tugas di kantor," kata Peggy. "Ibu menjalani work from home, ada juga yang masih work from office dengan pembatasan tertentu, juga mengajarkan anak yang belajar online. Ibu itu memang pejuang."

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN

Baca juga:

Discusshe Hari Ibu: Apresiasi Perjuangan Ibu di Masa Pandemi