Film Encanto Tayang, Disney Rayakan dengan 5 Baju Khas Kolombia Barli Asmara

Rumah Mode Barli Asmara berkolaborasi dengan Disney Indonesia menghadirkan pameran yang terinspirasi dari kisah dan karakter di film Encanto di Pacific Place Jakarta, 20 November 2021 hingga 2 Januari 2022. (Instagram/@barliasmara)

mode

Film Encanto Tayang, Disney Rayakan dengan 5 Baju Khas Kolombia Barli Asmara

Kamis, 25 November 2021 18:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumah Mode Barli Asmara berkolaborasi dengan Disney Indonesia menghadirkan pameran spesial yang terinspirasi dari kisah dan karakter di film terbaru Disney, Encanto. kegiatan ini bersamaan dengan tayangnya film Disney Encanto di seluruh bioskop Indonesia mulai 24 November 2021.

Pameran ini melibatkan fotografer Karina Yasmine dan deretan selebriti Tanah Air. "Ada ornamen Barli Asmara Banget dalam karya kolaborasi ini," kata Creative Director Barli Asmara, Leslie Tobing, dalam wawancara di Jakarta, Selasa, 23 November 2021.

Leslie mangatakan baju-baju yang ditampilkannya disesuaikan dengan karakter 5 tokoh di film terbaru Disney, Encanto. "Terdapat desain berbeda di tiap karakter, dan harapannya kita bisa merayakan dan menghargai perbedaan itu," kata Leslie.

Sebagai film Walt Disney Animation Studios yang ke-60, film Disney Encanto menjadikan Kolombia sebagai inspirasi untuk menyuguhkan kisah keluarga Madrigal melalui ragam tradisi, tarian, kostum, dan musik. Duo sutradara Byron Howard dan Jared Bush, berkolaborasi bersama Lin-Manuel Miranda untuk menghadirkan delapan lagu terbaru dalam Disney's "Encanto" dengan nuansa musik tradisional khas Kolombia.

Film ini juga menghadirkan visual penuh warna khas Kolombia. Berbeda dengan film-film sebelumnya, di mana hanya ada beberapa karakter yang menggunakan kostum kompleks, dalam film Disney Encanto, semua anggota keluarga Madrigal dan masyarakat Encanto menggunakan kostum penuh detail yang unik dan penuh berwarna. Setiap detailnya didesain untuk ikut bergerak dengan tiap karakter, terutama saat adegan bernyanyi, guna melengkapi cerita.

Ada lima gaun spesial yang dirancang khusus oleh tim Barli Asmara, terinspirasi dari karakter-karakter dalam Film Encanto, yaitu Mirabel, Isabela, Luisa, Dolores, dan Abuela Alma. Karya spesial ini dihidupkan melalui sebuah sesi foto spesial bersama fotografer Karina Yasmine dan lima selebriti sebagai muse.

Shenina Cinnamon dengan gaun yang terinspirasi dari karakter Mirabel, Beby Tsabina dengan gaun yang terinspirasi dari karakter Isabela, Yasmin Napper dengan gaun yang terinspirasi dari karakter Luisa, Kiara McKenna dengan gaun yang terinspirasi dari karakter Dolores, dan Ayushita dengan gaun yang terinspirasi dari karakter Abuela Alma.

Film Encanto. Foto: Walt Disney Animation Studios.

Leslie menambahkan bahwa ornamentasi dalam karyanya sangat banyak. Salah satunya adalah baju yang dikenakan Mirabel, sang tokoh utama. Baju dengan karakter Mirabel memiliki siluet simple, namun memiliki banyak detail. "Awalnya terlihat simple, tapi bila diperjelas, ada 250 kupu-kupu yang dibordir di gaun itu," kata Leslie.

Gaun yang merepresentasikan karakter Mirabel memang dinilai paling sulti di antara yang lainnya. "Kami paling kepikiran banget ini. Kami mau simple, tapi harus detail sekaligus terlihat elegan," katanya.

Leslie juga menambahkan nuansa kelopak bunga di baju dengan karakter Isabela. Di film itu, Isabela memiliki kekuatan untuk menumbuhkan bunga. Leslie juga memberikan embroidery dengan nuansa bunga untuk baju yang merepresentasikan Abuela Alma. Untuk karakter Luisa si wanita kuat, tim Barli Asmara juga menambahkan aksen di bagian pundak baju itu.

"Sangat menarik karena masing-masing karakter memiliki ciri khas kuat dalam segi kostum. Elemennya hampir sama sesuai estetika desain kita, dengan sentuhan lace, floral embroidery, dan ruffles," kata Leslie.

"Film ini juga sangat festive. Banyak (sentuhan) floralnya. Kolombia juga banyak gunakan ruffle, secara garis besar itu. Ada garis desain yang berbeda-beda," kata Leslie yang berhasil menyelesaikan karyanya dalam 2 pekan saja.

Deretan karya tersebut dapat dinikmati para penggemar dalam sebuah pameran spesial bertajuk Disney's "Encanto" Special Exhibition: "Welcome To The Family Madrigal" di Main Atrium Mall Pacific Place Jakarta, mulai tanggal 20 November 2021 hingga 2 Januari 2022.