Tips Mudah Mengolah Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon

Tips mengolah masakan Asia ala Chef Wisnu agar cita rasanya serupa dengan restoran/Foto: Doc. Ajinomoto

kuliner

Tips Mudah Mengolah Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon

Jumat, 19 November 2021 15:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tidak terasa sudah akhir pekan, sudah ada rencana apa saja? Bagaimana kalau mencoba resep baru untuk keluarga tercinta. Horeka Departemen PT Ajinomoto Indonesia membagikan tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetapmenerapkan pedoman gizi seimbang dan juga sangat profitable.

Kedua menu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon dipilih sesuai dengan maraknya Asian Cuisine di Indonesia saat ini dan bisa disajikan dalam bentuk dine-in atau pun delivery service.

Yuk simak tips mengolah Beef Blackpepper Dosirak & Oishi Niku Curry Udon ala Chef Wisnu:

Tips membuat kulit mandu:

1. Pastikan adonan di uleni hingga kalis agar tidak mudah sobek pada saat di-roll.

2. Untuk mempermudah prosesnya, bagi adonan yang sudah di-resting menjadi kecil-kecil, bentuk bulat lalu ratakan dengan tangan dan roll.

3. Pastikan alas dan rolling pin sudah diberi tepung telebih dahulu agar adonan tidak lengket.

Tips membuat Kimchi:

1. Gunakan wadah berbahan kaca dengan tutup yang rapat untuk mencegah udara masuk.

2. Fermentasi di suhu ruang selama 5-8 jam (jika merasa tingkat keasamanya kurang dapat ditambahkan lagi durasinya hingga 1 hari).

3. Setelah dirasa cukup tingkat keasamanya masukan ke dalam chiller dan ditutup rapat. Kimchi bisa bertahan selama 1 bulan jika suhu di dalam chiller stabil dan tertutup dengan rapat.

Kimchi (pixabay.com)

Tips and Trick mengolah Oishi Niku Curry Udon

1. Campurkan Curry Roux ke Base Curry dalam keadaan hangat/panas untuk menghindari penggumpalan. 

2. Simpan di sauce pan dengan penutup jika kuah kari masih tersisa pada saat operasional.

3. Setelah merebus Udon, celupkan ke air es untuk menjaga kekenyalan Udon.

4. Garam dalam pembuatan Fukujinzuke berfungsi untuk mengurangi kadar air dalam sayur.

5. Cairan acar akan mudah menyerap pada sayur. Penggunaan roux untuk curry agar menghasilkan tekstur yang balance adalah 1:10.

6. Untuk mempermudah penyajian dan menambah kesan premium dalam delivery service, simpan kuah curry dalam vacuum pack.

“Dalam mengulik menu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon, kami turut menyertakan sumber protein dari lauk hewani dan nabati. Sumber vitamin dan mineral juga tersedia dari sayur mayur & buah-buahan," ungkap Chef Wisnu.

Sementara itu, Ahli Gizi Khoirul Anwar pencegahan terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan Bumbu Umami seperti MSG adalah solusinya. Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ungkap Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta

"Jadi, bagi para pengusaha di bidang kuliner, baiknya memang mengikuti juga anjuran pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya. Kita bisa mengacu pada pedoman gizi seimbang dan menerapkannya," lanjutnya.

Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia Katarina Larasati mengatakan pihaknya berharap dapat mengedukasi para peserta tentang informasi gizi dengan fakta ilmiah, serta berkontribusi membuat pengusaha kuliner tidak hanya mementingkan rasa, namun juga lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan. 

“Kami merasa perlu menyebarkan fakta yang benar dan informatif tentang Bumbu Umami yang akan mendukung masyarakat Indonesia agar tetap sehat saat situasi pandemi COVID-19. Melalui webinar ini, kami harap para peserta dapat menyebarkan fakta informatif dan ilmiah tentang apa yang kami sampaikan hari ini kepada masyarakat atau komunitas yanglebih luas," Katarina melalui siaran pers, Kamis 18 November 2021. 

Baca: Tips Masak Ayam Goreng Tepung Agar Renyah di Luar Lembut di Dalam