Tak Sekadar Gaya, Brand Fashion Lokal Ederra Tampil Lebih Versatile

Koleksi brand modest ready to wear, Ederra/Foto: Ederra

mode

Tak Sekadar Gaya, Brand Fashion Lokal Ederra Tampil Lebih Versatile

Sabtu, 21 Agustus 2021 09:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang juga belum berakhir di tahun 2021, memaksa fashion lokal tetap terus memutar otak. Sebagai salah satu sektor yang paling terdampak di pandemi, para pelaku fashion- berusaha menunjukan semangat resilience-nya dengan berbagai cara. Salah satunya brand modest ready to wear: Ederra.

Ederra yang lahir di tahun 2015 ini lebih dikenal dengan sepak terjangnya di dunia online; baik di media sosial maupun marketplace seperti Tokopedia. Brand ini telah berhasil mendapatkan simpati para perempuan Indonesia dengan berbagai koleksinya yang begitu wearable dan mix and match friendly.

Ederra menempatkan fashion lokal pada tempat yang tepat; fashion sebagai fungsi. Koleksi yang dilahirkan brand ini selalu menekankan pada desain yang versatile dan everlasting.

“Baju Ederra cocok dipakai untuk ke Supermarket, mengantarkan anak, hingga ke acara resmi. Buat para Wanita yang dinamis, baju Ederra adalah solusi; tidak terlalu kasual dan tidak terlalu formal- harga pun begitu affordable,” ujar Indah Wahyu Wardani- founder Ederra.

Berdasarkan dari pemikiran itulah, Ederra pun hadir dengan campaign #WearMeinUnlimitedWays dengan pesan bahwa konsumen bisa tampil cantik di masa penuh keterbatasan ini. Bahwa tampil elegan bisa berarti nyaman dan ramah budget. Bahwa setiap helai Ederra, bisa menciptakan gaya tak berbatas- layaknya sahabat yang merangkul dan memahami.

Ederra juga melakukan ekspansi bisnis. Brand asal Jogja ini baru saja membuka toko terbaru di Jakarta, tepatnya di Mall FX. Namun karena pandemi melanda, pembukaan toko terpaksa mengalami penundaan berkali-kali. Tak hilang akal, brand yang juga merupakan Top 20 ModestFFFUND ini pun meluncurkan virtual store yang inovatif.

“Sebenarnya kami cukup sedih karena harus menunda pembukaan toko berkali-kali, namun kami paham saat ini Kesehatan adalah nomor satu. Launching offline boleh batal, namun kehadiran virtual store kita diharapkan bisa mewakili kebutuhan ini,” ujar Indah lagi.

Dengan virtual store yang bisa di akses dari website mereka, para konsumen bisa mengunjungi toko Ederra di FX dan menikmati koleksi terbaru dengan sensasi yang unik. Selain virtual store, Ederra juga meluncurkan film pendek bertajuk The Unlimited Ways yang bercerita tentang kisah 3 wanita melewati pandemi dengan berbagai caranya. Ederra berharap, pesan Ederra sebagai sahabat yang memahami- akan bisa ditangkap oleh konsumen

Menanggapi kehadiran Ederra di dunia fashion, Franka Soeria, Co-founder #Markamarie dan Marka The Fashion Accelerator berpendapat, “Ederra lahir karena foundernya tahu apa yang konsumen butuhkan, mereka juga tidak diam saja ketika mendapat berbagai tantangan di masa yang sulit ini. Mereka terus melakukan inovasi, Ederra adalah salah satu contoh brand yang mampu bertahan dengan baik di tengah gempuran tantangan di industri fashion saat ini,” ujar Franka.

Di event perkenalan ini, Ederra meluncurkan berbagai koleksi terbaru yang juga diramaikan dengan peluncuran Instagram Filter Ederra X Tokopedia, film pendek The Unlimited Ways dibuat oleh Marka The Fashion Accelerator dan juga berbagai koleksi #WearMeinUnlimitedWays yang diambil dari film pendek tersebut.

Sales and Marketing Lead (Fashion Category) Tokopedia, Deri Slyrova, menyampaikan, “Tokopedia selalu percaya bahwa penjual yang memiliki kanal digital, salah satunya Ederra Indonesia sebagai contoh UMKM fashion muslim lokal, dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Artinya, mereka berhasil mempertahankan kelangsungan bisnis dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga.”

“Tokopedia berharap, seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bangkit bersama dan terus berkontribusi memulihkan ekonomi. Mengingat peran signifikan UMKM terhadap PDB Indonesia, yakni sebesar lebih dari 60 persen,” tambahnya.

Sebagaimana pun challenging-nya industri fashion saat ini, yang brand fashion bisa lakukan adalah terus bergerak; merubah cara, memperbarui strategi dan melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ederra adalah salah satunya. Maju terus brand lokal Indonesia.

Baca: Efek Pandemi Covid-19, Cara Industri Mode Hadapi New Normal