Agar Anak Cukup Asupan Vitamin D dan Kalium

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

Ilustrasi yoghurt/yogurt. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ahli nutrisi Emilia Achmadi mengatakan sebagian besar anak-anak berhenti mengonsumsi susu di usia dua tahun dan persentase kecukupan kalsium pada anak menurun drastis setelah usia dua tahun. Asupan vitamin D dan kalium juga termasuk rendah pada anak-anak berusia 2-11 tahun, dan kedua kandungan ini tersedia pada yoghurt berkualitas. "Yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, terutama tulang anak yang bertumbuh dengan cepat," kata Emilia dalam siaran resmi, Minggu 4 April 2021.

Baca: Libur Panjang Paskah Tiba, Yuk Ikuti Aktivitas Seru dengan Anak

Dia mengatakan, sekarang mungkin banyak orang tua yang cemas akan kandungan gula yang terdapat dalam produk olahan susu seperti yoghurt. Namun, menurut Nutrition Journal 2017 ciptaan Azais-Braesco V et al., yogurt hanya mengandung 1-8 persen gula alami dan 4-9 persen gula tambahan, membuatnya aman untuk dikonsumsi anak. "Hal terbaik tentang yogurt adalah dengan mengonsumsi yoghurt, anak-anak bisa menikmati camilan yang lezat dan tidak melewati batasan kalori harian mereka. Selain itu, yoghurt juga mengandung segudang nutrisi tak tertandingi yang mendukung pertumbuhan anak," kata Emilia.

Dia menambahkan, orang tua bisa berkreasi membuat yogurt jadi camilan kesukaan anak sehingga yoghurt bisa jadi hidangan serba guna. Dia menjelaskan, yogurt mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan anak, mulai dari probiotik, kalsium dan serat pangan. Probiotik adalah bakteri baik untuk kesehatan usus yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengeluarkan bakteri buruk dari tubuh anak.

Sementara kalsium baik untuk tulang dan gigi anak, yoghurt yang terbuat dari susu juga mengandung kalsium. Yoghurt juga mengandung serat pangan yang bermanfaat untuk tubuh, termasuk menormalkan pergerakan usus, mendukung kesehatan usus, menurunkan kolesterol dan membantu mencapai berat badan ideal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."