Selusin Tanda Cinta Sejati, Bahagialah Pasangan yang Memiliki Semuanya

Ilustrasi pasangan saling menenangkan. Freepik.com/Master1305

cinta

Selusin Tanda Cinta Sejati, Bahagialah Pasangan yang Memiliki Semuanya

Sabtu, 26 September 2020 14:09 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada orang yang sudah punya pasangan selama bertahun-tahun, tapi masih bertanya-tanya apakah ini cinta sejatinya? Ada pula pasangan yang baru bersama beberapa hari dan menganggap itu adalah cinta sejati mereka.

Cinta sejati itu punya pertanda. Dan yang dapat mengetahui dan mengukur tanda-tanda itu adalah kita sendiri. Syaratnya, jujurlah kepada diri sendiri mengenai 12 tanda cinta sejati, berikut ini:

  1. Saling menghormati

    Menghormati berarti menghargai pikiran dan perasaannya. Menghormati ketika pasangan mengatakan tidak, tidak berkata-kata kotor, melakukan sesuatu yang tak disukai pasangan, dan sebagainya. Termasuk menghargai emosi ketika pasangan memang membutuhkan waktu untuk sendiri.

  2. Saling percaya

    Saling curiga adalah racun dalam hubungan. Jika kamu selalu bertanya di mana dia berada, sedang apa, bersama siapa, apa yang dia sembunyikan darimu, maka kamu belum menemukan cinta sejati. Lama-kelamaan kamu akan lelah mencari tahu. Dan jika ini terjadi, hubungan kalian akan rentan retak.

  3. Mandiri

    Setiap pasangan adalah individu yang merdeka. Cinta menyatukan mereka dan kemandirian tetap menjadi basisnya. Bayangkan betapa repotnya ketika pasanganmu selalu ingin ikut ke manapun kamu pergi, selalu ingin bersama sebagai tanda kemesraan, kamu pasti akan merasa risih dan tak punya privasi. Perlu diketahui, saat menjadi pasangan sejati, maka waktu bersama dia sama pentingnya dengan waktu untuk dirimu sendiri.

  4. 'Saya' berubah menjadi 'kami'

    Saya dan kami akan sangat terlihat ketika kalian bersama di tempat umum. Ketika sedang merayakan keberhasilanmu, kamu tak lupa mengangkat nama pasanganmu. Begitu juga sebaliknya. Kamu tentu tak bisa sendirian dalam menghadapi segala tantangan, sebab itu kata 'kami' menjadi bagian penting dari kalian.

  5. Saling mendukung

    Saling mencinta juga harus saling mendukung. Jadilah orang pertama yang hadir memberikan dorongan positif kepadanya. Bantu pasangan dengan segala cara yang kamu bisa.

  6. Resolusi konflik yang tepat

    Ketika menghadapi perbedaan, jangan fokus pada perbedaan melainkan solusi. Ketahuilah, bahkan pasangan yang terlihat paling bahagia juga pernah berselisih. Jadi, apapun persoalannya, jangan mengedepankan ego apalagi menyerang satu sama lain, melainkan sepakat untuk mencari jalan keluarnya.

  7. Setia

    Rasa bosan pasti pernah menghampiri pasangan yang sudah puluhan tahun bersama. Tapi jika dia adalah cinta sejatimu dan begitu sebaliknya, maka dia pasangan yang setia. Dia tak akan pernah meninggalkanmu.

  8. Menerima suka dan duka

    Camkan bahwa tidak ada hubungan yang sempurna. Setiap pasangan pasti pernah marah, jengkel, bahkan mengumpat satu sama lain. Tapi cinta sejati akan meredakan semua itu. Menerima dia apa adanya, dalam suka dan duka.

  9. Komunikasi yang sehat

    Pahami bagaimana dia membangun komunikasi denganmu. Apapun caranya, indikasi bahwa kalian memiliki komunikasi yang sehat adalah kamu bisa leluasa menyampaikan apa saja dengan kepadanya. Cerita lucu, harapan, masa depan, sampai masalah sekalipun. Komunikasi membantu meningkatkan keintiman emosional dan mengurangi kesalahpahaman.

  10. Bekerja sama untuk satu sama lain

    Dapat bekerja sama dengan baik juga menjadi pertanda cinta sejati. Menjalankan tugas masing-masing demi terciptanya ritme yang sehat, tanpa terasa kalian telah bekerja sama untuk menunjang aktivitas satu sama lain. Dan setelah bekerja sama untuk saling mendukung, ada baiknya saling mengucapkan terima kasih.

  11. Empati

    Rasa emati kepada pasangan berhubungan dengan kesamaan pikiran dan emosi. Jika dia sedang bersedih, tantu kamu tidak bisa bernyanyi dengan leluasa di depannya seolah tidak terjadi apa-apa. Jaga perasaannya, mengerti keadannya, tunjukkan empatimu.

  12. Bisa menjadi diri sendiri

    Tak perlu berpura-pura memakai dress di dalam rumah, jika kamu merasa nyaman mengenakan kaos dan celana pendek. Kamu merasa nyaman menjadi diri sendiri, tanpa khawatir apakah dia akan setuju atau tidak dengan pilihanmu. Itulah cinta sejatimu.