Jennifer Bachdim Berbagi Tips Olahraga yang Tepat untuk Pemula

Jennifer Bachdim, istri dari striker timnas Indonesia Irfan Bachdim menjaga kebugaran tubuhnya dengan berolahraga di rumah saat pandemi virus corona atau COVID-19. Jennifer Bachdim membagikan foto-foto olahraga di rumahnya di akun media sosialnya. Instagram/@jenniferbachdim

kesehatan

Jennifer Bachdim Berbagi Tips Olahraga yang Tepat untuk Pemula

Minggu, 20 September 2020 11:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaJennifer Bachdim berbagi tips berolahraga bagi pemula. Ada berbagai latihan olah tubuh yang bisa dipilih oleh para pemula. Misalkan zumba, yoga, berenang, berlari, bersepeda, dan lainnya.

Terlepas dari apapun pilihan olahragamu, Jennifer Bachdim menyampaikan beberapa pesan berikut agar olah tubuhmu memberikan efek yang baik dan signifikan dalam menjaga kebugaran.

Berikut tips dari istri pesepakbola Irfan Bachdim ini dalam menjaga kebugaan tubuh:

  1. Jenis dan atur waktu latihan

    Jika kamu ingin menjalani semua latihan olah tubuh, seperti yoga, zumba, bersepeda, jogging, sampai berenang, Jennifer Bachdim menyarankan agar mengatur jenis dan waktu berlatih. "Jangan semua latihan dilakukan dalam satu waktu sampai tubuh kelelahan," kata Jennifer Bachdim seusai memandu latihan Korean Slimming HIIT Workout dalam acara #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal yang diadakan oleh Youvit lewat daring pada Sabtu, 19 September 2020.

    Jennifer Bachdim mengatakan olah tubuh dua sampai tiga kali seminggu. Contoh, hari Senin berlatih zumba, Selasa yoga, Rabu istirahat, Kamis zumba lagi, Jumat bersepeda, dan di akhir pekan pada hari Sabtu atau Minggu jogging atau latihan dengan intensitas tinggi. "Jangan workout setiap hari karena kamu akan kelelahan dan itu tidak baik untuk kebugaran," kata Jennifer Bachdim.

  2. Berolahraga di pagi, sore, atau malam hari?

    Bagi Jennifer Bachdim, olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari. "Aku suka olahraga di pagi hari. Aku merasa itu cara yang bagus untuk memulai hari," katanya. Konsekuensinya, memang harus bangun lebih pagi sebelum menjalani aktivitas seperti biasa. "Tapi kalau engak bisa juga boleh di sore hari," katanya.

    Jennifer Bachdim saat memandu latihan Korean Slimming HIIT Workout dalam acara #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal yang diadakan oleh Youvit lewat daring pada Sabtu, 19 September 2020. Foto: Youvit

  3. Durasi latihan

    Untuk pemula, Jennifer Bachdim menyarankan agar berlatih dalam durasi yang pendek, sekitar 10 sampai 15 menit. "Ukur kemampuan diri, jika bisa lebih tinggi lagi intensitas latihannya, tingkatkan," ucap dia. "Prinsipnya jangan dipaksakan. Olahraga semampunya, sebisanya. Mulai dari dasar, lalu lanjut ke tingkat mahir."

  4. Konsisten

    Ini adalah kunci dari segala jenis latihan yang kamu lakukan. "Harus konsisten. Kalau tidak, maka kamu tak akan merasakan perubahan," kata Jennifer Bachdim. "Jadi, jangan sampai hari ini latihan, besok enggak, lalu enggak lagi, dan beberapa hari kemudian latihan lagi. Konsistensi itu kuncinya."