Bekerja dalam New Normal, Waspada saat Naik Transportasi Umum

Ilustrasi bekerja malam. Shutterstock

karir

Bekerja dalam New Normal, Waspada saat Naik Transportasi Umum

Rabu, 27 Mei 2020 10:25 WIB
Reporter : Sarah Ervina Dara Siyahailatua Editor : Mitra Tarigan

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagian perusahaan telah meminta para karyawannya masuk kembali ke kantor usai libur Lebaran. Ini merupakan keputusan yang dinilai mendorong pekerja untuk mulai beradaptasi dengan kondisi New Normal.

Artinya, pandemi Covid-19 tidak lagi menjadi halangan sehingga kehidupan sudah mulai kembali produktif dan menyenangkan untuk dijalani. Meski begitu, bukan berarti menjaga kesehatan tak lagi menjadi prioritas. Melainkan berbagai tindakan kewaspadaan tetap harus dilakukan.

Bagi mereka yang melakukan perjalanan menuju dan dari kantor dengan menggunakan transportasi umum, berbagai tindak pencegahan wajib diterapkan. Adapun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam sebuah buku pedoman 'Serba Covid: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua' membagikan tipsnya.

  1. Gunakan masker dan hand sanitizer berbasis alkoholMasker kain sangat disarankan untuk digunakan selama bepergian keluar rumah, tak terkecuali saat berada di dalam transportasi umum. Sebab masker berguna untuk mencegah kita dari droplets pasien positif yang tanpa gejala sehingga masih berkeliaran di sekeliling kita.

    Adapun hand sanitizer diperlukan juga lantaran ini bisa mengganti kebutuhan untuk cuci tangan dalam keadaan mendesak. Tapi pastikan, hand sanitizer yang dipilih wajib berbasis alkohol. Sebab kandungan tersebut dipercaya ampuh membunuh mikroorganisme.

  2. Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan tanpa sarung tanganSelama perjalanan di transportasi umum, BPOM juga menyarankan agar kita tidak menyentuh pintu atau pegangan kendaraan dengan tangan tanpa pelindung. Ini dikarenakan percikan air liur pasien positif Covid-19 juga bisa menempel dan tersebar di berbagai benda mati di sekitarnya. Sedangkan tangan adalah media yang paling sering digunakan untuk menyentuh bagian tubuh sehingga meningkatkan risiko terjangkit penyakit serupa.

  3. Jaga jarak antar penumpang satu meterMenjaga jarak sosial sejauh satu meter dengan penumpang lain juga sangat diimbau. Sebab, para ahli telah menghitung bahwa kita bisa terlindungi dari semburan air liur dari orang satu ke lainnya saat berbincang jika menetapkan jarak yang demikian.

  4. Gunakan waktu perjalanan untuk istirahat dan berdoaSelama perjalanan di transportasi umum, ada baiknya Anda memanfaatkan waktu untuk beristirahat dan berdoa. Beristirahat secara khusus penting untuk meningkatkan energi serta imunitas tubuh jika Anda kurang tidur akibat bekerja terlalu keras. Sedangkan berdoa tak kalah penting Tuhan melindungi dari segala kemungkinan buruk yang bisa menimpa kita.
  5. SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA