Belanja Online Naik Selama Wabah Corona, Apa Saja yang Dibeli?

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

ragam

Belanja Online Naik Selama Wabah Corona, Apa Saja yang Dibeli?

Kamis, 7 Mei 2020 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Layanan belanja online Shopee menyampaikan apa saja produk yang banyak dibeli masyarakat selama wabah corona.

Seperti diketahui, aktivitas belanja online kian meningkat selama pandemi Covid-19 karena masyarakat diimbau untuk beraktivitas dari rumah. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan menerapkan physical distancing saat keluar rumah.

Platform belanja online kemudian menjadi perpanjangan tangan para konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka dari rumah. "Kondisi ini mengubah cara kita menjalankan hidup sehari-hari, bekerja, dan belanja online," kata Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia dalam keterangan tertulis, Kamis 7 Mei 2020.

"Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus corona dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka," kata dia. Sejumlah produk yang dicari adalah perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi.

Sebagai contoh, Shopee merekam peningkatan permintaan sebesar hampir tiga kali lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan physical distancing. Upaya penerapan physical distancing juga membuat kebutuhan produk sanitasi dan kesehatan paling banyak dibutuhkan.

Adapun di bulan Ramadan ini, Shopee menangkap tren produk kecantikan, busana muslim, dan ponsel beserta aksesorinya masuk kategori terpopuler. "Walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadan dari rumah, Shopee melihat peningkatan permintaan untuk produk-produk tersebut," kata Handhika.

Ada pula kecenderungan masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah dengan banyaknya produk yang masuk kategori dekorasi rumah yang melonjak selama Ramadan. Shopee juga mengamati peningkatan kegiatan belanja online di kampanye Big Ramadhan Sale pada 5 Mei 2020, yang mencapai 25 kali lipat dibandingkan dengan hari biasanya. Produk-produk yang banyak diminati meliputi aksesoris pengendara sepeda motor, kerudung dan pakaian muslimah, hingga perlengkapan dapur.