7 Tips Menyiapkan Makanan Saat Wabah Corona dari Unicef

Ilustrasi anak sedang makan (pixabay.com)

kesehatan

7 Tips Menyiapkan Makanan Saat Wabah Corona dari Unicef

Rabu, 6 Mei 2020 10:05 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - United Nations Children's Fund atau Unicef membuat tujuh tips menyiapkan makanan sehat selama wabah corona. Panduan ini menjadi penting karena makanan adalah sumber nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selama belum ada vaksin virus corona baru atau Covid-19, maka daya tahan tubuh adalah satu-satunya benteng utama pertahanan dari infeksi virus tersebut. Mengutip Times of India, hingga kini belum ada bukti Covid-19 menular melalui makanan atau kemasan makanan.

Yang berpotensi menginfeksi adalah jika terkena tetesan, percikan, atau droplet dari orang yang terinfeksi kemudian menyentuh bagian wajah, seperti hidung, mulut, dan mata. Dari sini risiko infeksi Covid-19 bermula.

Berikut tujuh tips menyiapkan makanan higienis yang disusun oleh Unicef.

  1. Penempatan makananBuka kemasan makanan yang tidak perlu kemudian tempatkan makanan ke dalam wadah yang bersih. Bahan makanan yang dibeli dari supermarket biasanya dikemas dengan alas dan plastik penutup. Lepaskan semua penutup itu dan buang ke tempat sampah. Cuci bahan makanan, seperti sayur dan buah dengan air mengalir. Kemudian letakkan ke dalam tempat tersendiri yang bersih.

  2. Cuci tangan Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum menyiapkan makanan apa pun.

  3. Pemakaian talenanBedakan talenan yang dipakai untuk memotong buah, sayur, daging, dan ikan.

    Ilustrasi talenan. shutterstock.com

  4. Tingkat kematangan makananMasak makanan sampai suhu yang disarankan atau sampai benar-benar matang.

  5. Metode penyimpananSimpan makanan yang mudah rusak ke dalam lemari pembeku atau freezer. Pastikan produk tersebut belum kedaluwarsa.

  6. Prosedur pembuangan makananDuar ulang atau buang sisa makanan dan kemasan dengan cara yang tepat. Tujuannya, menghindari penumpukan sampah yang dapat menarik serangga.

  7. Alat masak dan makanSelalu pakai peralatan masak dan makan yang bersih.