Masker Canggih Penyaring Udara, Ada yang Modis Juga Seperti Syal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi masker. Sumber: Reuters/asiaone.com

Ilustrasi masker. Sumber: Reuters/asiaone.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker wajah sudah populer dipakai penduduk di kota-kota dengan tingkat polusi udara tinggi seperti Beijing, Cina; dan London, Inggris. Namun masker wajah menjadi tidak efektif terutama untuk pemakaian sepanjang hari, karena maksimal pemakaian masker wajah adalah empat jam.

Kebutuhan akan alat pelindung diri yang lebih efektif dari masker wajah meningkat di masa pandemi Covid-19 yang dipicu infeksi virus corona ini. Respirator atau alat bantu pernapasan berbentuk masker wajah yang ditenagai baterai dan memiliki filter pemurni udara salah satu solusinya.

  • Masker longgar
    Prinsip filter udara yang ideal harus menutupi rapat seluruh wajah tak berlaku pada respirator Atmos dari Ao Air ini. Masker transparan ini melingkupi mulut dan hidung tapi tidak menempel pada dagu dan pipi.

    Masker longgar.

    Alat ini menggunakan kipas-kipas kecil untuk menciptakan kantong udara bersih bertekanan tinggi di bagian muka masker. Kemampuan penyaringnya 5-25 kali masker N95.

    Harga: Rp 5,43 juta

  • Respirator medis
    Alat pernapasan Halo Power System dari CleanSpace Technology ini dirancang oleh insinyur biomedis untuk penggunaan di unit perawatan klinis, unit darurat dan perawatan infeksi, laboratorium, fasilitas riset, serta area penanganan bahan biologi berbahaya.

    Respirator medis

    Berat respirator tanpa kabel dan slang ini 350 gram, mengalirkan udara maksimal 230 liter per menit, dan mempunyai baterai yang tahan hingga 9 jam.

    Harga: Rp 13,96 juta

  • Syal pemurni udara
    Syal berbahan katun campuran Livtech yang dikembangkan perusahaan Jerman, Karcher, ini memiliki modul pemurni udara berbobot 125 gram yang dapat dibongkar-pasang.

    Syal pemurni udara

    Modul pemurni udaranya dapat menyalurkan udara 50 liter per menit. Filter aktif HEPA yang dapat menahan partikel berukuran 0,3-2,5 mikron itu bisa dipakai selama 2-6 bulan. Baterainya bisa bertahan hingga 15 jam.

    Harga: Rp 72 ribu

  • Topeng transparan
    Alat pernapasan Ultra Full Face Mask dari CleanSpace Technology ini sangat cocok untuk lingkungan terkontaminasi dan terinfeksi. Masker transparan seluruh wajah ini dibuat untuk tenaga medis di rumah sakit, petugas pertolongan pertama, serta ahli farmasi dan petugas laboratorium. Bobotnya hanya 700 gram. Filter HEPA menahan 99,97 persen partikel 0,3 mikron.

    Topeng transparan

    Harga: Rp 18,97 juta

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."