Cara Membuat Masker Kain Cantik dari Desainer Myrna Myura

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Masker kain cantik buatan desainer Myrna Myura. Foto: Instagram myrnamyura

Masker kain cantik buatan desainer Myrna Myura. Foto: Instagram myrnamyura

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer Myrna Myura menunjukkan tutorial membuat masker kain untuk melindungi diri dari virus corona. Masker kain menjadi alternatif untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19 karena masker medis sudah langka di pasaran, harganya mahal, dan lebih dibutuhkan oleh tenaga kesehatan.

Perancang baju pengantin itu mengatakan awalnya membuat masker kain untuk pribadi dan karyawan, dan orang-orang di sekitarnya. Namun lantaran masker kian langka dan mahal, dia membuat banyak masker kain dari bahan sisa busana yang ada di butiknya.

"Saya menganjurkan pakai masker kain buat mereka yang tidak sakit," kata Myrna saat dihubungi Minggu, 5 April 2020. Myrna Myura kemudian mengunggah video tutorial membuat masker sendiri di rumah.

Tentu saja masker buatan Myrna Myura ini berbeda dari masker yang ada di pasaran. Masker ini terbilang ciamik karena menggunakan bahan lace dan detail mutiara Swarovski. Meski begitu, dia tetap menggunakan bahan dasar katun yang tipis agar penggunanya mudah bernapas. Ada juga lubang sebagai tempat filter tambahan berupa tisu.

Masker dain karya desainer Myrna Myura. (Instagram/@myrnamyura)

Bagi yang baru pertama berjibaku dengan bahan, jarum, benang, dan beragam peralatan menjahit, harap bersabar karena semua butuh proses. "Tapi percaya deh, lebih rumit dilihat daripada dikerjakan," kata Myrna Myura. Kalau sudah mahir, kamu bisa membuat masker kain sendiri dalam tempo 30 menit saja.

Berikut bahan dan perlatan yang diperlukan untuk membuat masker kain cantik ala Myrna Myura.

  • Katun 36 x 17 cm dibagi menjadi beberapa bagian sebagai lipitan yaitu ( 3;1:1:4:4:1:1:3:1:3:1:4:4:1:3:1) jangan lupa diberi kampuh jahitan.
  • Kertas pola dan spidol
  • Karet elastis, tiap sisi 14 cm termasuk jaitan
  • Siapkan benang, gunting, rader, karbon jahit, jarum pentul, tisu basah yang sudah dikeringkan sebagai filter (bisa diganti dengan tisu biasa)

Untuk mengetahui cara membuatnya, perhatikan cara membuat masker seperti ditayangkan dalam video di akun Instagram Myrna Myura berikut:

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."