Corona, 7 Cara Minimalisir Penyebaran Virus di Kafe: No Tumbler

Ilustrasi pelayan membersihkan meja restoran. Shutterstock

kesehatan

Corona, 7 Cara Minimalisir Penyebaran Virus di Kafe: No Tumbler

Kamis, 26 Maret 2020 16:48 WIB
Reporter : Praga Utama Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah restoran, kafe, dan kedai makanan minuman tetap buka selama masa darurat corona. Mereka masih melayani pelanggan dengan prosedur kebersihan dan kesehatan yang kian ketat.

Perusahaan penyedia produk dan jasa sektor hotel, restoran, dan kafe, PT Toffin Indonesia memberikan sejumlah rekomendasi kepada pelaku usaha untuk meminimalkan penyebaran virus di kafe dan restoran. Head of Marketing PT Toffin Indonesia, Ario Fajar berharap pelaku usaha lebih berfokus pada kesehatan karyawan dan kenyamanan pelanggan.

"Tetap menjaga kebersihan, memastikan pekerja dalam keadaan prima, dan membuat pelanggan merasa aman dan nyaman untuk datang," kata Ario Fajar.

Berikut 7 tips menjaga kebersihan dan kesehatan di restoran dan kafe selama wabah corona:

  1. Menyediakan termometerSediakan termometer di pintu masuk utama kedai dengan menempatkan satu orang sebagai petugas. Jika kedai memiliki banyak akses, usahakan untuk mengurangi akses masuk dan keluar sehingga pemantauan bisa dilakukan dengan maksimal.

  2. Tidak menggunakan tumblerPengusaha kedai kopi melarang pengunjung menggunakan tumbler pribadi saat membeli minuman, baik untuk minum di tempat maupun dibawa pulang.

  3. Menggunakan cangkir sekali pakai Hanya menyajikan minuman dengan cangkir sekali pakai yang langsung dibuang setelah dipakai.

  4. Masker bagi pelayan dan baristaPelayan ataupun barista wajib menggunakan masker selama bertugas. Pengelola restoran dan kafe juga sebaiknya memajang informasi kondisi kesehatan, misalnya suhu tubuh para pelayan sehingga pengunjung bisa memastikan orang yang melayani mereka dalam keadaan sehat.

  5. Menyediakan hand sanitizer dan disinfektanPastikan ketersediaan hand sanitizer di beberapa sudut kedai atau meja kasir. Lakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan setelah toko beroperasi.

  6. Jaga jarak amanBeri jarak di antara pelanggan yang sedang mengantre untuk memesan minuman dan saat duduk di meja makan.

  7. KomunikasiKomunikasikan prosedur tersebut dengan bahasa serta penyampaian yang jelas dan sopan sehingga pelanggan mengerti dan merasa nyaman.